Sedekah
Sedekah

IKROMULMUSLIMIN, Jakarta — Tujuan memberi adalah untuk mengeluarkan sebagian dari harta kita kepada orang lain yang membutuhkan. Memberi tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi juga dalam bentuk barang, bahan makanan, dan lain-lain.

Dalam Islam memberi termasuk sunnah yang dapat lakukan untuk mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya adalah Q.S Al-Baqarah ayat 271 yang artinya :

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu.” (Q.S Al-Baqarah:271)

Dengan memberi kita bisa belajar untuk bersyukur karena Allah SWT telah memberikan rezeki kepada kita, jadi memberi adalah bentuk atau cara kita bersyukur kepada Allah SWT.

Lalu, bagaimana dengan orang yang bersedekah kemudian dipamerkan di depan banyak orang atau dijadikan konten di media sosial yang banyak terjadi belakangan ini? 

Fenomena memberi sedekah ini nampaknya menuai banyak pro dan kontra, dimana banyak orang yang menganggap bahwa bersedekah dengan cara seperti ini bertujuan agar mengajak orang lain untuk ikut bersedekah juga, tetapi banyak juga orang yang menganggap ini tidak boleh karena termasuk riya dan dibenci Allah.

Sebagaimana dalam Q.S Al-Baqarah ayat 264, Allah berfirman :

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena ria (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir” (Q.S Al-Baqarah: 264)

Banyak ulama berpendapat bahwa memberi dengan cara seperti ini bisa saja dilakukan dengan syarat ikhlas memberi karena Allah SWT. Selama tujuannya baik dan tidak merugikan orang lain, maka itu sah-sah saja.

Wallahu A’lam.

Baca juga : Menyikapi Fenomena Flexing dalam Pandangan Islam

Artikel sebelumyaMengapa Cinta Tanah Air Bagian dari Syariat Islam? Ini Penjelasannya
Artikel berikutnyaTantri Kotak Manggung Pakai Hijab, Ngaku Tuai Pro dan Kontra dari Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here