Keuangan Islam

Ikromulmuslimin – Perkawinan dianggap sebagai salah satu wujud ibadah yang menyatukan dua jiwa yang berbeda menjadi satu entitas keluarga bahagia. Namun, pilar yang mendukungnya tak hanya didasarkan pada perasaan kasih sayang, melainkan juga persiapan mental dan keadaan keuangan yang sehat.

“Pernikahan bertujuan untuk membentuk rumah tangga yang sakinah, sebuah gambaran kebahagiaan keluarga dalam Alquran. Seringkali, hal ini terhambat oleh masalah komunikasi dan finansial,” tutur Ustadz Abdurrahman Zahier di acara Halal Fair Series 2024 yang diselenggarakan di Jogja Expo Center pada hari Sabtu, tanggal 4 Mei 2024.

Zahier menekankan, pengaturan keuangan dalam rumah tangga kerap dirundung kedangkalan komunikasi antar pasangan, yang umumnya disulut oleh hasrat konsumtif yang memuncak. Situasi ini umum bahkan ketika pasangan belum merencanakan pengelolaan finansial jangka panjang mereka.

“Dianjurkan untuk setiap pasangan menemukan titik temu dalam menentukan apa yang menjadi kebutuhan utama dalam pengelolaan keuangan keluarga. Ini termasuk rencana untuk pendidikan anak-anak. Lebih penting lagi, adalah mempraktikkan gaya hidup yang hemat dan tidak berlebihan, sejalan dengan kemampuan finansial yang ada. Hal ini bisa diawali perencanaan anggaran yang teliti dan berlandaskan prinsip syariat Islam,” ujar Zahier memberi penegasan.

Baca Juga : Memahami Hukum Islam Tentang Fitnah dan Cara Bijak Menanganinya

Ia juga berbagi beberapa petunjuk mengenai pengaturan finansial yang baik menurut syariat, yang antara lain meliputi: menetapkan tujuan finansial yang harmonis dengan nilai-nilai Islam, memanfaatkan produk keuangan Islami, mengadaptasi gaya hidup yang tidak boros, meminimalisir jumlah hutang, menyiapkan dana darurat, dan mengalokasikan anggaran untuk zakat, infaq, dan sedekah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pembayaran Syariah PT Bank Jago Tbk, Agung Lesmana, mengungkapkan komitmen Bank Jago yang melalui Jago Syariah, berupaya membantu nasabah dalam menyusun dan menjalankan strategi keuangan yang sesuai dengan keyakinan individu agar tercapai kehidupan yang lebih tenang dan penuh berkah.

Inovasi terbaru Bank Jago ialah peluncuran Jago Syariah, yang didesain dengan layanan dan fitur yang setara dengan versi konvensionalnya. Namun demikian, Jago Syariah tetap mengedepankan prinsip dan ketentuan syariah dalam setiap layanannya.

“Kami paham bahwa setiap orang memiliki cita-cita serta harapan hidup yang beragam. Jago Syariah hadir untuk mengulurkan kebaikan dan memudahkan nasabah, terutama dalam menata finansial keluarga dengan prinsip syariah,” terang Agung Lesmana.

Dia menyarankan agar pasangan, baik yang sedang merencanakan maupun yang sudah menikah, memanfaatkan fitur Jago Syariah dalam merencanakan keuangan rumah tangga dan untuk menciptakan stabilitas finansial dengan lingkungan terdekat.

Baca Juga : Bullying dalam Perspektif Islam, Ayo Suarakan #stopbullydisekolah

Artikel sebelumyaCara Meningkatkan Kualitas Belajar di Hari Pendidikan Nasional! SelamatHARDIDKNAS2024
Artikel berikutnya143 Negara Dukung Keanggotaan Palestina di PBB, AS dan Israel Menolak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here