#stopbullydisekolah

Ikromulmuslimin – Baru-baru ini, masyarakat dihebohkan dengan kasus perundungan yang terjadi di sebuah sekolah elit di Jabodetak. Kasus bullying di SMA swasta ini menjadi perbincangan hangat di platform media sosial X.

Dilaporkan bahwa seorang siswa SMA yang akhirnya harus dirawat di rumah sakit menjadi korban penganiayaan, yang diduga melibatkan putra dari seorang artis. Detail kronologis kejadian intimidasi ini menyebar luas di media sosial X.

Intimidasi ini dilakukan oleh sekelompok siswa yang tergabung dalam suatu grup yang dikenal sebagai Geng Tai. Mereka sering berkumpul di sekitar area sekolah dan melakukan aktivitas yang melanggar aturan sekolah, termasuk tindakan perundungan terhadap juniornya.

Syekh Syauqi Alam juga menyatakan bahwa aksi bullying termasuk dalam ejekan, mengumpat, dan penghinaan, yang semuanya merupakan tindakan tercela yang dilarang secara eksplisit dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 11.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَاۤءٌ مِّنْ نِّسَاۤءٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّۚ وَلَا تَلْمِزُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوْا بِالْاَلْقَابِۗ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوْقُ بَعْدَ الْاِيْمَانِۚ وَمَنْ لَّمْ يَتُبْ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ
Artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan itu) lebih baik daripada mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olok) perempuan lain (karena) boleh jadi perempuan (yang diolok-olok itu) lebih baik daripada perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela dan saling memanggil dengan julukan yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) fasik) setelah beriman. Siapa yang tidak bertobat, mereka itulah orang-orang zalim.”

Imam An-Nawawi dalam kitab Syarah Shahih Muslim menegaskan bahwa mencaci maki seorang Muslim tanpa hak hukumnya adalah haram berdasarkan kesepakatan ulama. Orang yang melakukannya dianggap fasik. Perbuatan mencaci maki, menyakiti, dan menganiaya orang lain akan menyebabkan kebangkrutan di hari kiamat.

وأما معنى الحديث: فسبُّ المسلم بغير حقٍّ حرامٌ بإجماع الأمة وفاعله فاسق
“Maksud hadits adalah menghina seorang Muslim tanpa alasan yang benar adalah haram menurut kesepakatan umat Islam, dan pelakunya adalah fasik,” kata Imam An-Nawawi.

Ciri Anak yang Mengalami Bullying

Perundungan bukanlah perkara sepele, sebab dampaknya bisa menjadi luka batin bagi korban yang bertahan hingga dewasa. Pengawasan orang tua dan guru sangat penting dalam hal ini untuk mengenali gejala dan tanda-tanda perundungan.

Ciri-ciri anak yang mengalami perundungan meliputi berbagai aspek yang bersinggungan langsung dengan kesehatan mental anak. Berikut adalah beberapa indikator yang menunjukkan seorang anak sedang mengalami bullying:

Perubahan Sikap Menuju Sekolah: Anak yang biasanya antusias dengan kegiatan sekolah, tiba-tiba menjadi terlihat enggan dan berat hati setiap pagi. Mereka mungkin menemukan alasan untuk tidak pergi ke sekolah atau meminta dijemput lebih awal secara terus-menerus.

Isolasi Sosial: Anak yang berubah menjadi lebih tertutup dan cenderung menyendiri mungkin sedang mengalami tekanan. Mereka cenderung menghindari pertemuan sosial atau kegiatan ekstrakurikuler dimana pelaku perundungan berada.

Penurunan Prestasi Akademik: Hasil belajar yang menurun secara mendadak bisa menjadi tanda korban bullying. Mereka mungkin kehilangan konsentrasi atau motivasi belajar karena pikiran dan emosi yang terganggu akibat perundungan.
Beberapa tanda fisik juga dapat menjadi pemberi sinyal akan adanya perundungan, seperti:

Cedera Fisik yang Tidak Terjelaskan: Memar, luka lecet, atau keterangan yang tidak konsisten tentang asal-usul cedera tersebut dapat mengindikasikan tindakan kekerasan yang dialami anak di lingkungan sekolah.

Perubahan Kebiasaan Makan dan Tidur: Anak yang terkena bullying seringkali mengalami masalah nafsu makan, baik itu berlebihan atau hilang sama sekali. Stres yang mereka alami juga bisa memicu masalah tidur seperti insomnia atau mimpi buruk yang sering muncul.

Artikel sebelumyaRaih Ampunan dan Berkat di Malam Nisfu Syaban 2024
Artikel berikutnyaSantri Tewas Diduga Akibat Penganiayaan di Pondok Pesantren Al Hanifiyah Kediri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here