IKROMULMUSLIMIN, Jakarta — Sebuah kampanye baru telah mendesak Muslim Eropa untuk memboikot kurma yang diekspor ke Eropa dari Israel selama Ramadhan. Hal ini sebagai bentuk protes terhadap pendudukan ilegal Israel di Palestina.

Sebuah LSM bernama Friends of Al Aqsa meluncurkan kampanye awal pekan ini, menekankan bahwa memboikot kurma Israel akan “mengirimkan pesan kekuatan dan persatuan yang kuat melawan penindasan Israel terhadap Palestina.” Maroko World News, Kamis (16/03/2023).

“Dengan memilih untuk tidak membeli kurma Israel pada Ramadhan ini, komunitas Muslim dapat mengirimkan pesan yang jelas dan kuat untuk mengutuk pendudukan ilegal Israel dan apartheid Palestine,” kata Shamiul Joarder dari Friends of Al-Aqsa (FOA) Inggris, dilansir detikFinance yang mengutip Arab News, Rabu (15/3/2023).

Boikot ini merupakan salah satu langkah untuk mengecam tindakan Israel yang telah dilakukan kepada masyarakat Palestina. Diketahui, dalam satu tahun terakhir, Israel telah membunuh 62 warga Palestina termasuk 13 anak-anak, setara dengan satu anak dalam waktu lima hari.

“Pemerintah Israel terus menghancurkan rumah. Saat ini situasinya mengkhawatirkan, rencananya mereka memperluas pemukiman ilegal,” tambahnya.

Shamiul Joarder, anggota Friends of Al-Aqsa (FOA) yang berbasis di Inggris yang meluncurkan kampanye tersebut, mengingat bahwa Israel adalah produsen jenis kurma terbesar di dunia yang disebut Medjoul.

Shamiul Joarder mengatakan sekaranglah waktunya untuk memboikot, mendivestasi, dan memberikan sanksi kepada Israel selama Ramadan. Seruan #CheckTheLabel dan tidak membeli kurma dari apartheid Israel di media sosial juga ramai.

“Kita harus ingat bahwa sebagai komunitas kita kuat kita dapat membuat suara kita didengar melalui tindakan sederhana mengembalikan kurma Israel ke rak,” lanjut Shamiul Joarder.

Dikutip dari American Muslims for Palestine, ada 13 merek kurma Israel yang akan di boikot, sebagai berikut :

Baca juga : Zionis ‘Israel’ Menahan 230 Anak Palestina pada Tahun 2021

13 Daftar Kurma Israel

  1. Hadiklaim
    2. Mehadrin
    3. Delilah
    4. Carmel Agrexco
    5. Anna and Sara
    6. Shah Co
    7. Sincerely Nuts
    8. Urban Platter
    9. Star Dates
    10. King Soloman
    11. Food to Live,
    12. Nava Fresh
    13. Jordan River

Baca juga : Hari Pertama Ramadhan, Zionis Bungkam Adzan Masjid Al-Aqsha

Artikel sebelumyaMuhammadiyah Tegas Tolak Timnas Israel ke Indonesia
Artikel berikutnyaMuslim Sejak Lahir, Arie Kriting Dihujat Netizen: Islam Juga Tidak Butuh Kamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here