Jakarta – Survei kolaborasi Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) mengadakan survei tingkat kepuasan terhadap kinerja lembaga negara. Hasil survei menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap Polri lebih tinggi dibanding KPK era sekarang.

Survei PRC-PPI dirilis pada Senin (27/12/2021), dijelaskan survei ini melibatkan 1.600 responden usia minimal 17 tahun yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi yang diwawancarai secara tatap muka. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling.

Survei dilakukan pada 12 November-4 Desember 2021. Dalam survei tersebut, institusi yang paling dipercaya publik yaitu TNI sebanyak 75,4 persen. Polri berada di urutan kedua dengan tingkat kepercayaan mencapai 67,8 persen. Sementara KPK, tepat di urutan setelahnya, memiliki tingkat kepercayaan sebanyak 60,4 persen.

“TNI memang selalu diberi kepercayaan paling tinggi oleh masyarakat. Namun di sini yang berbeda adalah polisi yang bisa mendahului peringkatnya dibanding KPK. Sebagaimana kita ketahui, sebelumnya KPK selalu ada di peringkat kedua atau lebih tinggi dari polisi,” kata Direkrut Eksekutif PRC, Rio Prayogo.

Selanjutnya, di posisi keempat ada Mahkamah Agung (MA) dengan tingkat kepercayaan atau kepuasan publik mencapai 51,9 persen. Kemudian disusul Mahkamah Konstitusi (MK), Kejaksaan Agung, DPD, dan MPR.

Pada survei itu, DPR berada di posisi paling terakhir dengan tingkat kepuasan atau kepercayaan publik paling rendah. Tingkat kepuasan publik pada DPR hanya sebesar 44,1 persen.

Berikut ini urutan tingkat kepercayaan dan kepuasan publik terhadap institusi pemerintah berdasarkan survei Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) per hari ini:

1. TNI 75,4
2. Polri 67,8
3. KPK 60,4
4. MA 51,9
5. MK 51,3
6. Kejagung 50,4
7. DPD 47,7
8. MPR 47,4
9. DPR 44,1

Survei Charta Politika

Sebelumnya, Charta Politika Indonesia merilis survei tingkat kepercayaan terhadap lembaga tinggi negara. Hasilnya, kepercayaan kepada presiden paling tinggi, diikuti TNI dan Polri.

Survei ini dilakukan selama 29 November-6 Desember 2021. Total responden sebanyak 1.200 usia 17 tahun ke atas atau memenuhi syarat pemilihan. Survei ini dilakukan metode wawancara tatap muka dan margin of error sekitar +-2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pada survei ini disajikan pertanyaan kepada responden sebagai berikut:

Menurut pendapat Bapak/Ibu/Saudara di antara lembaga tinggi negara di bawah ini, apakah Bapak/Ibu/Saudara sangat percaya, cukup percaya, tidak percaya, atau tidak percaya sama sekali?

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan kepercayaan tertinggi adalah kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nomor dua, diikuti TNI.

“Nomor satu paling tinggi itu di Presiden, jadi kalau mau dijumlahkan 77,8. Sekitar 74,6 persen tingkat kepercayaan yang kedua, ini selalu adu balap salip-menyalip antara Presiden dan TNI pascareformasi, TNI di tingkat kedua 76,3 persen,” kata Yunarto dalam rilis survei secara virtual, Senin (20/12).

Posisi ketiga adalah institusi Polri. Yunarto menyebut pada posisi keempat adalah kepercayaan terhadap KPK.

“Ketiga ada Polri dengan angka 66,8 persen. Dan kemudian diikuti, agak bersaing dengan KPK, tapi ini pola yang saya pikir cukup menarik,” katanya.

sumber : detik.com

Artikel sebelumyaLalin Saat Natal Sepi, Polisi Siapkan Pengamanan Untuk Tahun Baru
Artikel berikutnyaTinjau Bakti Negeri Akabri 2001, Kapolri Tekankan Vaksinasi Hingga Waspadai Pintu Masuk Negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here