Polri Siapkan Operasi Aman Nusa II Buat Penanganan Gempa Flores NTT
Polri menyiapkan Operasi Aman Nusa II untuk membantu penanganan gempa dengan magnitudo 7,4 yang terjadi di Nusa Tenggara Timur/NTT, Selasa (14/12/20210.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono menyebutkan Polri dan jajaran sudah memiliki rencana kontijensi yang berlaku satu tahun. Dan dalam rencana tersebut terdapat tiga operasi yakni Operasi Aman Nusa 1 untuk konflik sosial, Operasi Aman Nusa 2 untuk kebencanaan, dan Operasi Aman Nusa 3 untuk terorisme.

“Jadi ketika terjadi bencana otomatis polda dan jajaran Polri di wilayah sudah memberlakukan rencana kontijensi Operasi Aman Nusa 2,” kata Rusdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa.

Rusdi mengatakan dalam Operasi Aman Nusa 2 tersebut telah disiapkan personel serta peralatan yang dibutuhkan untuk membantu penanggulangan bencana di sebuah wilayah.

Dalam Operasi Aman Nusa 2 tersebut, personel Polri di wilayah melakukan langkah-langkah seperti inventarisir dampak bencana, korban bencana, termasuk menginventarisir kebutuhan apa saja yang diperlukan dalam membantu penanggulangan bencana.

Bersamaan dengan itu, kata Rusdi, Mabes Polri memantau situasi di lapangan, memonitor laporan dari satuan wilayah Polri untuk mengirimkan bantuan, baik personel tambahan ataupun sarana prasarana kebencanaan yang diperlukan.

“Berbarengan dengan itu Mabes Polri juga melihat, apabila membutuhkan dukungan SDM atau yang lain, Mabes Polri siapkan, tenaga untuk memback-up, Korps Brimob yang siap dengan itu,” ujar Rusdi.

Rusdi mengatakan Polri juga memberlakukan sistem zonasi, yakni wilayah terdekat dari lokasi bencana akan dilibatkan untuk mengirimkan bantuan ke lokasi bencana.

“Seperti wilayah terdekat NTT itu ada NTB dan Bali, keduanya sudah siap-siap itu,” tutur Rusdi.

Rusdi menambahkan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akan mengeluarkan surat perintah (sprint) untuk menugaskan polda wilayah maupun Mabes Polri untul mengirimkan personel bantuan ke wilayah bencana.

Artikel sebelumyaPolri: Trending Twitter #PercumaAdaPolisi Adalah Bahan Evaluasi Kami
Artikel berikutnya800 Lebih Anggota Polri Dapat Beasiswa dari BUMN, Kapolri Ucapkan Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here