JAKARTA – Kepolisian RI (Polri) akan menggelar lomba orasi unjuk rasa dalam memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional pada 10 Desember.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan, lomba orasi Piala Kapolri 2021 ini digelar untuk memberikan ruang kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresi.

“Sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku,” kata Dedi, dalam keterangan pers, Rabu (24/11/202).

Adapun lomba tersebut mengangkat tema Memperingati Hari Hak Asasi Manusia. Dedi mengungkapkan, para peserta dibebaskan untuk menyampaikan orasi dalam bentuk kritik atau masukan yang membangun.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan komitmen Polri untuk menghargai aspirasi masyarakat sebagai salah satu hak asasi, sebagaimana diatur dalam UUD 1945.

“Polri selalu menghormati dan menghargai hak asasi manusia dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum,” ujar dia.

Dedi mengatakan, seluruh elemen masyarakat boleh ikut dalam kegiatan ini. Para peserta harus membentuk tim yang terdiri atas 5-15 orang.

Pendaftaran lomba dimulai sejak 25 November 2021 sampai 30 November 2021. Pendaftaran gratis di masing-masing polda.

Setelah proses penyaringan di tingkat Polda, peserta yang juara 1 dari tiap daerah akan tampil di Mabes Polri pada 10 Desember.

Polri menyiapkan hadiah senilai Rp 50 juta untuk juara pertama. Kemudian, Rp 30 juta untuk juara kedua dan juara ketiga Rp 20 juta.

Sumber : KOMPAS.com 

Artikel sebelumyaMenuju Era 4.0, Korlantas Dorong Seluruh Pelayanan BPKB Polda Berbasis Digital
Artikel berikutnyaGandeng Polri, BPOM Kian Gencar Awasi Peredaran Obat dan Makanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here