Menjelang perayaan Natal 2021, Polres Bondowoso memastikan pengamanan akan berjalan dengan lancar. Tak hanya soal keamanan, aspek protokol kesehatan (prokes) juga menjadi perhatian kepolisian bersama pengurus gereja.

Hal ini disampaikan Kapolres Bondowoso AKBP Herman Priyanto usai meninjau persiapan pelaksanaan Natal di sejumlah gereja, Senin, 20 Desember 2021.

“Kita ingin memberi rasa aman bagi saudara-saudara kita yang nanti akan beribadat pada hari Natal,” tutur Herman didampingi jajarannya.

Adapun gereja yang ditinjau langsung di antaranya GKI Bondowoso, GKJW Bondowoso, GPPS Pondok Daud, GSJPDI Batu Karang, Gereja Katholik Penginjil Santo Yohanes, dan GPIB Immanuel Bondowoso.

Dalam kunjungan tersebut, Herman menyempatkan berdialog dengan sejumlah pengurus gereja. Hal ini terkait pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada rangkaian ibadah Natal nanti, mulai dari alat cek suhu, ketersediaan tempat cuci tangan hingga pembatasan jarak (physical distancing). Hal ini mengacu pada Instruksi Mendagri Nomor 66 Tahun 2021.

Meski pandemi telah berangsur melandai, masyarakat diminta untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Kita tekankan agar membatasi jumlah jemaat yang hadir maksimal 50 persen dari total kapasitas tempat. Karena tidak hanya keamanan saja, tapi juga prokes diperhatikan,” kata mantan Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya ini.

Untuk pengamanan Natal nanti, Polres Bondowoso bersama jajaran TNI dan sejumlah elemen terkait lainnya akan diterjunkan ke setiap gereja.

“Kita libatkan juga satgas internal gereja untuk memastikan pelaksanaan prokes selama pelaksanaan ibadah berlangsung. Bahkan sebelum rangkaian ibadah dimulai, polisi juga akan melakukan sterilisasi gereja melibatkan Sat Samapta Polres Bondowoso,” katanya.

Sumber: jatimnet.com

Artikel sebelumyaOperasi Lilin Semeru Digelar Antisipasi Omicron dan Nataru di Sidoarjo
Artikel berikutnyaDensus 88 Tangkap Pesilat Berprestasi di Kalsel Diduga Terkait Terorisme

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here