Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman bertemu dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (12 Januari 2021) di Mabes Polri Jakarta Selatan.

Dalam pertemuan tersebut dibahas masalah koordinasi dan solidaritas antara TNI dan Polri yang merupakan harga mati untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta mengawasi segala kebijakan pemerintah.

“Saya baru-baru ini mendapat kunjungan dari Kepala Staf Angkatan Darat. Tentu banyak hal yang kami bicarakan, terutama bagaimana menjaga koordinasi dan kesatuan antara TNI dan Polri dalam menjalankan tugas medan perang,” kata Sigit.

Menurut mantan Kapolda Banten itu, sinergi dan stabilitas TNI-Polri menjadi kunci dari berbagai bentuk ancaman dan tantangan yang akan dihadapi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itu, Sigit menegaskan, ke depan sinergi dan stabilitas TNI-Polri yang telah mengalami kemajuan yang baik selama ini akan dioptimalkan kembali untuk menjaga kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Sigit mengatakan: “Kami sepakat sinergi dan stabilitas yang terjalin selama ini akan lebih dioptimalkan dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan.”

Pada kesempatan yang sama, Jenderal KSAD menegaskan bahwa selama ini sinergi dan stabilitas TNI-Polri tidak pernah hilang. Menurutnya, personel TNI dan Polri harus selalu hadir di tengah masyarakat.

“Saya sampaikan kepada para Pangdam pada saat saya entry briefing apapun situasinya dan apapun bentuknya TNI harus hadir di tengah masyarakat bersama Polisi. Disitu harus menjadi bagian dari solusi,” kata Dudung usai bersilahturahmi dengan Kapolri.

Dudung menekankan, TNI-Polri harus bergerak cepat dalam menghadapi segala bentuk ancaman yang ada. Apalagi, di tengah Pandemi Covid-19 dewasa ini.

“Jangan menunggu waktu, karena ini kita dukung program Pemerintah bagaimana pascaCovid-19 luar biasa. Masyarakat sangat menantikan bagaimana pemulihan perekonomian,” ujar Dudung.

Sebagai KSAD, Dudung telah meminta kepada Pangdam jajaran untuk terus bersinergi dengan kepolisian dalam setiap kegiatan terkait memulihkan pertumbuhan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19 dan menjaga keamanan serta keutuhan Negara Indonesia.

“Dan kedepan saya dengan kepolisian akan selalu bersinergi dan soliditas tetap kita jaga dimana pun berada adalah kepentingan rakyat. Saya sampaikan bahwa jajaran TNI-AD kalian harus dicintai dan disayangi rakyat, tetapi yang lebih hebat lagi kalian harus mencintai rakyatnya,” tutup Dudung.

Sumber: bangunpapua.com

Artikel sebelumyaJelang Libur Nataru, Polisi Aktifkan Kembali Posko PPKM Mikro di Jateng
Artikel berikutnyaAntisipasi Omicron, Jokowi Minta Vaksinasi Digencarkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here