Mabes Polri memastikan data-data di institusinya aman pasca diduga diretas oleh seorang hacker dari Brazil dengan akun Twitter @son1x666. Kejadian peretasan itu sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

“Intinya untuk server, data, aplikasi-aplikasi Polri serta sistem keamanan semuanya hingga saat ini aman,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Sabtu, 20 November 2021.

Kendati demikian, Dedi belum menjelaskan apakah data yang sempat disebar di media sosial itu benar atau tidak. Selain itu, ia juga tak menyebutkan, apakah telah memperbaharui sistem yang telah diretas itu atau belum.

Menurutnya saat ini Direktorat Tindak Pidana Siber (Dit Tipidsiber) Bareskrim Polri masih melakukan pendalaman untuk mencari tahu serta memburu pelaku peretas tersebut.

“Sedang ditangani oleh Dit Tipidsiber Bareskrim. Nanti kalau sudah ada updatenya diinfokan,” ujarnya.

Diketahui, seorang hacker yang menamakan dirinya son1x ini mengklaim membobol data Polri yang berisi sejumlah informasi pribadi. Hal ini dibagikan olehnya dalam sebuah foto yang diunggahnya.

Berikut isi pesan atau tulisan dalam foto tersebut :

Rakyat seharusnya tidak bekerja atau mendukung pemerintah, pemerintah harus melakukan ini. Pertama-tama, ini adalah aksi yang dilakukan sendirian oleh saya, bukan anggota lain dari tim tempat saya berpartisipasi (mereka tidak suka kebocoran xD).

Sumber : PIKIRAN RAKYAT

Artikel sebelumyaSatlantas Polres Pekalongan Kota bagikan Stiker himbauan Operasi Zebra Candi 2021
Artikel berikutnyaBiro SDM Polda Banten Cek Administrasi Rekrutmen Proaktif Penerimaan Bintara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here