Polri akan menggar Operasi Mana Nusa II. Operasi ini dilakukan rencananya untuk mengantisipasi bencana alam di Tanah Air.

Kepala Biro Penerangan Umum (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyebut operasi tersebut merupakan hal yang sering dilakukan saat bencana alam terjadi sering terjadi di Indonesia.

“Itu adalah suatu hal yang rutin dilakukan ketika menjelang perubahan iklim dari kemarau ke hujan, yang cenderung banyak menimbulkan masalah bencana alam. Seperti longsor dan banjir,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat dikonfirmasi, Kamis (11/11/21).

Rusdi mengatakan Operasi Aman Nusa II itu digelar baik di tingkat Mabes maupun wilayah. Polri telah menyiapkan jauh hari sejak 2020. Penyiapan itu seperti jumlah personel yang dikerahkan hingga peralatan yang dibutuhkan.

“Jadi, tinggal dilaksanakan. Sekarang sudah mulai antisipasi, kalau ada bencana main (bergerak) mereka, juga pencegahan mengingatkan mitigasi kepada masyarakat tentang antisipasi bencana itu,” lanjut Rusdi.

Menurut dia, Polri akan langsung datang ke lokasi ketika terjadi bencana. Kehadiran Polri untuk menolong korban, baik menyiapkan keperluan hingga mengevakuasi ke tempat pengungsian.

Polri bekerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda) dan TNI dalam penyiapan tenda dan kebutuhan makanan. Sedangkan, untuk pencegahannya dilakukan juga oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“BMKG sudah mengingatkan berapa wilayah antisipasi, karena curah hujan tinggi karena fenomena La Nina,” ucap Rusdi

BMKG melalui Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin mengingatkan adanya aktivitas La Nina. Hal tersebut memicu cuaca ekstrem di Kalimantan Selatan saat ini.

Sumber: akurat.co

Artikel sebelumyaJelang Ajang Superbike, Kapolri Cek Langsung Pengamanan Sirkuit Mandalika
Artikel berikutnyaTop, Prabowo Subianto Dianugerahi Gelar Warga Kehormatan Brimob
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments