Jabar – Jajaran Polresta Cirebon Polda Jabar menggelar vaksinasi Covid-19 massal di tiga lokasi. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan berbagai pihak dari mulai Dinkes, puskesmas, rumah sakit se-Kabupaten Cirebon, AKABRI 1999 Peduli dan lainnya.

Kapolresta Cirebon Polda Jabar, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, didampingi Wakapolresta Cirebon, AKBP Teguh Triwantoro, S.I.K, M.H, beserta para PJU Polresta Cirebon Polda Jabar meninjau vaksinasi massal yang digelar di Kecamatan Ciledug, Susukanlebak dan Arjawinangun.

“Vaksinasi ini diselenggarakan serentak di Cirebon timur, tengah, dan barat. Dalam kegiatan ini, kami melibatkan para tenaga kesehatan dari rumah sakit di Kabupaten Cirebon sebagai vaksinatornya,” ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H saat ditemui usai peninjauan, Jumat (8/10/2021).

Ia mengatakan, setiap lokasi vaksinasi massal tersebut ditargetkan diikuti oleh 2000 warga sehingga total targetnya mencapai 6000 orang. Rencananya, kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari hingga, Sabtu (9/10/2021).

Namun, pihaknya memastikan vaksinasi massal itu bakal digelar di lokasi berbeda sehingga jangkauannya lebih luas. Selain itu, Polresta Cirebon juga mengadakan vaksinasi khusus lansia di desa-desa se-Kabupaten Cirebon.

“Kami melibatkan bidan desa atau tenaga kesehatan desa dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa untuk menyasar para lansia di desa binaannya agar dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 di desanya masing-masing,” kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Pihaknya juga mengadakan vaksinasi dalam rangka persiapan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak yang berlangsung pada November 2021. Kegiatan tersebut diselenggarakan serentak di 60 puskesmas se-Kabupaten Cirebon.

Ia sengaja memilih desa-desa yang akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa sebagai lokasi vaksinasi. Selain itu, hal tersebut menjadi terobosan Polresta Cirebon Polda Jabar untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di desa yang menggelar Pilwu.

Pasalnya, vaksinasi diharapkan membuat kekebalan kelompok telah terbentuk. Sehingga gelaran pilwu serentak tidak berimbas pada peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon.

“Seluruh vaksinasi kali ini ini dalam rangka akselerasi terbentuknya herd immunity masyarakat Kabupaten Cirebon. Agar pandemi Covid-19 yang hingga kini masih melanda segera berakhir,” ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Namun, ia berpesan kepada seluruh warga yang telah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, vaksinasi bukan jaminan membuat kebal dari Covid-19 sehingga mereka masih mempunyai kemungkinkan terpapar.

“Kami mengimbau agar protokol kesehatan selalu diterapkan setiap saat, bahkan jika perlu diperketat lagi. Dari mulai memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Sumber : MITRAPOL.com,

Artikel sebelumyaPertandingan Final Cabor Tenis Lapangan Aman Terkendali
Artikel berikutnyaBrimob Jabar Ajak Warga Jatinangor Taati Prokes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here