JawaPos.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jayapura, Papua, Kamis (26/8). Sigit menekankan dua hal. Yakni, memastikan kesiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX dan penanganan serta pengendalian Covid-19.

Terkait PON ke-XX, Kapolri Sigit mendorong Forkopimda Papua untuk berperan aktif dalam menyelesaikan venue atau lokasi pelaksanaan pesta olahraga nasional tersebut. “Ada 44 venue PON di 4 kabupaten dan kota. Saat ini, sudah kurang dari satu bulan menuju pelaksanaan PON XX. Namun, masih terdapat berbagai permasalahan dalam venue PON XX. Hal ini akan menghambat proses pelaksanaan PON. Forkopimda harus berperan aktif untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada,” ujarnya.

Dengan diselenggarakannya PON XX, menurut Sigit, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Harapannya, kesejahteraan bisa meningkat. Sebab, ekonomi Papua masih mengandalkan pertambangan dan penggalian yang mencapai 13,14 persen. Sedangkan tanpa dua hal itu, sebesar 2,81 persen. “Pelaksanaan PON XX akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Papua,” katanya.

Saat pandemi Covid-19, perekonomian Indonesia mulai tumbuh sebesar 7,07 persen. Sementara, peningkatan produksi komoditas emas dan tembaga yang cukup signifikan menyebabkan pertumbuhan ekonomi Papua dengan pertambangan dan penggalian tumbuh positif sejak kuartal IV 2020.

Mantan Kabareskrim itu juga mengimbau kepada Forkopimda Jayapura untuk memperhatikan penanganan dan pengendalian Covid-19. Apalagi, saat pelaksanaan PON ke-XX. Menurut Sigit, gelaran akbar olahraga nasional itu tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 serta vaksinasi bagi semua pihak terkait, harus dilaksanakan,” ucap Sigit.

Dengan diterapkannya prokes yang disiplin, sambung Sigit, pelaksanaan PON ke-XX akan berjalan lancar dan kesehatan masyarakat dari Covid-19 bakal terjamin.

“PON XX Papua sukses dan lancar, investasi aman, pertumbuhan ekonomi meningkat, Papua semakin maju dan modern, masyarakat sehat dan sejahtera,” tutur Sigit.

Artikel sebelumyaKapolres Sukabumi Kota salurkan bansos di wilayah Polsek kebon pedes
Artikel berikutnyaGuna Mendukung PPKM Level III, Polres Sergai Tingkatkan Pos Penyekatan Dolok Masihul- Perbaungan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments