Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berkolaborasi dengan Polri menggelar kegiatan vaksinasi di simpul transportasi yang dilaksanakan di Terminal Tipe A Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/8).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung kegiatan vaksinasi “Gerai Vaksin Merdeka” yang diperuntukkan bagi masyarakat Depok dan sekitarnya. Ditargetkan, kegiatan vaksinasi tersebut dapat dilakukan kepada 1.000 orang dengan usia 18 tahun ke atas.

“Sebagaimana perintah Bapak Presiden bahwa Kementerian dan Lembaga harus ikut melakukan intensifikasi vaksinasi. Dan alhamdulillah, Kemenhub sudah melaksanakan program vaksinasi bekerja sama dengan TNI, Polri, dan Pemda. Hingga hari ini, secara total kami telah melakukan vaksinasi sekitar 200 ribu orang,” kata Budi Karya dalam keterangannya, Rabu.

Budi Karya menjelaskan, jumlah masyarakat yang vaksin di kota penyangga Jakarta harus ditingkatkan. Saat ini di Jakarta sudah mencapai 80 persen dan di Kota Depok baru sekitar 27 persen.

“Tiap minggu kami lakukan vaksinasi di simpul-simpul transportasi dan juga sekolah-sekolah transportasi. Terima kasih kepada Walikota Depok karena di Kota Depok partisipasi masyarakat untuk vaksin sudah 27 persen. Terima kasih juga kepada Polri sudah berkolaborasi dengan kami menggelar vaksin di simpul-simpul transportasi,” jelas Menhub Budi.

Menhub berharap dengan semakin banyaknya
yang melakukan vaksin, diharapkan akan tercipta kekebalan komunal atau herd immunity terhadap virus Covid-19. Menhub berharap, upaya ini dapat segera memulihkan dan menggerakkan kegiatan ekonomi dan aktivitas masyarakat akan kembali normal.

Sementara itu, Walikota Depok Idris Abdul Somad menyambut baik kegiatan vaksinasi yang dilakukan di Kota Depok. Menurutnya, diperlukan kolaborasi semua pihak untuk meningkatkan partisipasi masyarakat melakukan vaksinasi, sehingga diharapkan pandemi dapat segera berakhir.

Selain gerakan vaksinasi, Kemenhub bersama stakeholder terkait juga membagikan paket sembako dan buah-buahan lokal (buah nusantara) kepada para tenaga kesehatan, masyarakat terdampak dan juga pelaku transportasi seperti pengemudi angkot dan ojek online.

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Polana B. Pramesti, Walikota Depok K.H Muh. Idris Abdul Somad, Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf, dan Direktur Kelembagaan PT Jasa Raharja Munadi Herlambang.

Baca juga: Kemenhub dan TNI AD gelar vaksinasi di Kabupaten Bogor
Baca juga: Menhub tinjau pelaksanaan vaksinasi pegawai Kemenhub
Baca juga: Kemenhub: simpul keberangkatan transportasi siap beri vaksin gratis

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Artikel sebelumyaDaftar 26 Perwira Polri Naik Pangkat, Eks Ajudan Jokowi Jadi Brigjen
Artikel berikutnyaPersiapan PON Papua 2021, Polri Geser 600 Personelnya ke Polres Mimika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here