Liputan6.com, Banten – Penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Jokowi mendapat sambutan hangat dari sejumlah kalangan. Tak terkecuali dari kalangan ulama dan pesantren.

Ketua Majelis Ponpes Salafiyah (MPS) Banten, KH Martin Syarkawi mengungkapkan, Listyo Sigit merupakan sosok perwira tinggi Polri yang memiliki hubungan dekat dengan banyak kalangan.

Saat menjabat sebagai Kapolda Banten, Listyo Sigit menunjukkan kepeduliannya terhadap keberadaan pondok pesantren (Ponpes) di provinsi tersebut. Salah satunya terkait bagaimana membangkitkan ekonomi dan kemandirian ponpes salafiyah.  

“Pak Sigit nanya, kira-kira solusinya apa untuk menjaga kemandirian ponpes salafiyah ini. Lalu terpikirlah untuk membangun pemberdayaan ekonomi pesentren,” kata Martin Syarkawi kepada wartawan, Jumat (15/1/2021). 

Dari ide tersebut akhirnya muncul program Rumah Pangan Santri (RPS). Setelah didata dan diverifikasi, ada 150 lebih ponpes yang diikutsertakan dalam program tersebut. Konsep RPS seperti warung, yakni menyediakan gas, beras, dan kebutuhan pokok lainya. 

Untuk memuluskan program tersebut Sigit akhirnya merangkul Bulog dan Pertamina. “Saya berkelakar, ke Pak Sigit kalau dagang kita tidak punya modal. Alhamdulillah akhirnya beliau memberikan modal Rp 20 juta untuk masing-masing RPS,” ungkapnya. 

Hingga saat ini, Ketua Pimbina Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kota Serang itu mengaku, RPS yang dibangun Sigit saat menjabat Kapolda Banten sudah berkembang dan mampu menghidupkan ponpes.

“Pak Sigit juga memfasilitasi juga untuk jadi pangkalan gas 3 kilogram. Ini sangat luar biasa karena membantu ekonomi pesantren,” tuturnya. 

Pengasuk Ponpes Al Fathoniyah Serang itu menilai, sampai saat ini kepedulian Sigit terhadap ponpes masih sangat tinggi. Buktinya, meski sudah berdinas di tempat lain dia masih memberi perhatian.

“Pernah jam 2 malam saya ditelepon sama beliau, katanya ada pesantren terbakar di Lebak. Beliau minta saya berangkat ke sana untuk melihat kondisi dan apa yang diperlukan,” kenang Kiai Syarkawi.

Artikel sebelumyaPilu, Ini Pesan Suara Terakhir Syekh Ali Jaber Sebelum Masuk ICU
Artikel berikutnyaKenangan Syekh Ali Jaber Bersama 7 Artis Tanah Air yang Sempat Diabadikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here