JAKARTA, suaramerdeka.com – Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bertambah besar pada masa pandemi Covid-19. Karena selain menjaga keamanan, ketertiban dan pelayanan publik, Polri juga harus hadir sebagai bagian dari solusi dalam menangani pandemi.

“Karenanya, Polri harus terus hadir di tengah masyarakat, memenangkan hati rakyat, dan membangkitkan semangat gotong royong besar bangsa,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (1/7).

Menurutnya, Polri harus bisa bersama rakyat membawa Indonesia keluar dari pandemi. Pada saat bersamaan, Polri harus bisa semakin dekat dengan rakyat Indonesia.

“Selamat HUT ke-75 Bhayangkara. Semoga Polri terus dekat di hati rakyat,” ujarnya. Dia menambahkan, Polri sudah hadir di tengah masyarakat selama 75 tahun.

“Di mana Polri bertugas menghadirkan rasa aman, ketertiban, serta pelayanan publik,” tandasnya. Terpisah, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan kejutan kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Yakni dengan berkunjung langsung ke rumah dinas Kapolri di kawasan Jakarta Selatan. Dalam kunjungannya, Panglima TNI memberikan kejutan dengan memberikan ucapan selamat dan membawa kue ulang tahun yang bergambar Panglima TNI dan Kapolri.

Panglima TNI juga menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke-75 kepada Kapolri dan mendoakan di hari ulang tahun ini, Polri semakin profesional. Yakni dengan mengedepankan presisi prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

Di mana hal itu merupakan program yang diusung oleh Kapolri. “Sekali lagi kami ucapkan selamat hari Bhayangkara yang ke-75,” tegasnya.

Hadi menjelaskan, kedatangannya ke rumah dinas Kapolri memang disengaja untuk memberikan kejutan di HUT ke-75 Bhayangkara. Kejutan ini tidak hanya diberikan kepada Kapolri saja, namun seluruh jajaran TNI yang ada di kewilayahan, juga melakukan hal yang sama.

“Yakni memberikan ucapan selamat HUT Bhayangkara sampai ke tingkat Polsek. Semoga kebersamaan TNI-Polri dalam bentuk sinergitas, NKRI semakin kuat,” ucapnya.

Adapun Hari Bhayangkara diperingati pada 1 Juli di setiap tahun. Peringatan Hari Bhayangkara dimulai pada 1 Juli 1946, saat terbitnya Penetapan Pemerintah Nomor 11/S.D. yang menetapkan Djawatan Kepolisian Negara, bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri.

Pada awalnya, kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi. Sedangkan masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung.

Peringatan Hari Bhayangkara tahun 2021 mengangkat tema ‘Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju.

Artikel sebelumyaKepala BNN RI Ikuti Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-75 Secara Virtual
Artikel berikutnyaPPKM Darurat, Bakal Lebih Banyak Polisi yang Awasi Desa-desa di Jateng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here