Polri Resmikan Izin Liga 1 dan Liga 2, Kompetisi Setahun Siap Berlangsung

PolrisecararesmimengumumkanizinpenyelenggaraanLiga 1 dan Liga 2 tahun2021sudahdiberikan. IzininidikeluarkanPolrimenyusulRapatKordinasi yang sudahdigelarbersama PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Satgas COVID-19, Kemenkes, hingga BNPB pada pekan lalu.KesuksesanpenyelenggaraanPialaMenporamenjadibahanpertimbanganPolriuntuksetujumemberikanizin.”Kami memutuskandenganbeberapacatatanbahwakeselamatanmanusiaadalahhukumtertinggimaka kami memutuskanmemberiizinkeramaiandengantetapprotokolkesehatan. Pelanggaranprokesberpengaruhjalannyaliga,” kata KapolriJenderalPolisiListyoSigit Prabowo di MabesPolri, Senin (31/5/2021).Bagaimanaaturanprotokolkesehatannya?

Jakarta, 9 Juni 2021 – KapolriJenderalListyoSigit Prabowomemutuskanuntukmemberikanizin Liga 1 dan Liga 2 untukkembalibergulirtahunini. Namun, mantanKabareskrimituberpesankepada PSSI dan suporteruntuktetapmenerapkanprotokolkesehatan yang ketat.PernyataantegasitudisampaikanKapolriListyosaatmenyerahkanizinkeramaiankompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021-2022 kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ZainudinAmali di MabesPolri, Jakarta, Senin (31/5/2021).
KapolriListyomenuturkanpemberianizininitelahmelaluidikusi yang dilakukanbersamaMenpora, Kemenkes, BNPB dan Satgas COVID-19.Menurutnya, pihakkepolisianbakalmelakukanpengawasan dan evaluasiberkalasaatnantibergulirnyakompetisi Liga 1 dan Liga 2 itu. Pasalnya, apabiladitemukanpelanggaranmakaaparattakseganuntukmemberikansanksi yang pastinyaakanmenyangkutdaripertandinganitusendiri.
KapolriListyomenyebut, izin Liga 1 dan Liga 2 dikeluarkanlantarandalamevaluasipelaksanaanPialaMenporadinilaicukupberjalandenganbaik. Meskipun, diakuiSigit, di akhir-akhirmasihterdapatadanyasedikitpelanggaranyaknikonvoisekelompoksuporterusaiturnamenitersebut.MantanKapolda Banten itumenegaskan, seluruhpihakpenyelenggaraharusmemastikanperistiwakonvoisuportersepak bola tidakakankembaliterulang di pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2.Makapenyelenggaranligasepak bola beberapawaktulalutentumenjadibagiandarievaluasiPolisi.”Beberapawaktulalupenyelenggaraansudahcukupbagus, tapi yang kami sayangkanmasihterjadi arak-arakan di akhirpertandingan yang potensialmenimbulkanklaster COVID-19,” tegasnya.
Polriakanmempertimbangkanapakahpertandinganboleh ada penontonatautidak, keputusanitumelihatperkembanganangkakasusCOVID-19 pada bulanJuli. Kapolripun mengimbaukepada para suporteruntukmemberikandukungankepadatimnyadengansama-samamenjagaprotokolkesehatan.”Kalaukitamencintaitimkesayangan yang akantampil di Liga 1 dan Liga 2, harapkan para suportermendukungsama-samamenjagaterkaitaturanprokes, karenapelanggaranterhadapprokestersebutakanberdampak pada penyelenggaraankegiatanpertandingan,” kata Kapolri.
Sementaraitu, AsistenKapolribidangOperasi (Asops) InspekturJenderal Imam Sugiantosaatdikonfirmasi, Senin (31/5/2021) mengatakanizinpenyelenggaraanterbitusaipihakkepolisianmenerimasejumlahrekomendasi dan penilaianterkaitsejumlahaspek yang dikajiselamaini. Diketahui, kegiatantersebutdapatterselenggara di tengahsituasipandemi virus COVID-19.
Kepolisian pun sempatmenggelarrapatkoordinasidenganKemenpora, PSSI, PT Liga Indonesia, dan Badan Nasional PenanggulanganBencana (BNPB) pada Senin (24/5) lalu.
Usairakortersebut, Imam sempatmengatakanbahwapihaknyamenyiapkanduahalterkaitpenyelenggaraankegiatantersebut. Pertama, kata dia, terkaitperizinan dan kesiapanpengamanan.”Rekomendasidikumpulkan dan akandiberikanijinsesuaiarahanKapolri,” tambah dia.
Meskibegitu, kepolisianmemintaadanyapeningkatankualitasdibandingPialaMenpora 2021. Salah satunyaterkaitpeningkatankeamanan.Polriberharap PSSI dan PTI LIB bersikapekstrawaspadamenyusulinsiden yang melibatkansuporterduafinalis. PendukungPersija Jakarta melakukanpawaikemenanganusaitimkesayanganjuara. SementarabobotohPersibmenyerbumarkasklub dan melakukansejumlahpengerusakan.
“Mudah-mudahanbisadikeloladenganbaik (Liga 1 dan Liga 2), sehinggabetul-betulprotokolkesehatan di tengahpandemiinibisadilaksanakan. Sehingga Liga 1, 2, dan PON Papua aman.Peristiwaitujadipembelajaran agar Liga 1 dan 2 tidakdibumbuihal-hal yang kontraproduktif,” tukasnya.SedangkanDeputi II BidangPencegahan BNPB (Badan Nasional PenanggulanganBencana), Harmensyah menjelaskanpenyelenggaraan Liga 1 dan 2 untuktahapawalbelumdibolehkandenganpenonton. Iatidakmaukasus COVID-19 bertambahkarenahaltersebut.Iaberkacadaribeberapakasus yang terjadi, seperti di India di mana terjadipeningkatansetelahpenontondibiarkanmenyaksikanpertandingankriketmelawanInggris.
“Kompetisitanpapenontondilakukanlebihdahulu, berikutnyatakmenutupkemungkinan ada penontondenganprokes yang ketathinggatak ada penularan,” kata Harmensyahsaatjumpa pers, Senin (24/5/2021).
Lebihlanjut, Harmensyahmenegaskan BNPB mendukungpenuhdigelarnya Liga 1 dan Liga 2 musimini. DukunganinidiberikansetelahsuksesnyagelaranPialaMenpora 2021 pada April kemarin.”Pelajaran dariPialaMenporakemarinituberjalandengansukses. Namun, tentunya ada beberapahal yang perludievaluasi, perluditingkatkan, dan satgaspenanganan COVID-19 nasionalmendukungpenuhdengansyaratprokesdiberlakukan,” tambahnya.”Saya tidakmauseperti di India, ada pertandingankriketlawanInggrisdari 350 ribuankasusaktifperharilalu naik jadi 3,5 juta. Iniharusdiawasibetul oleh PSSI dan PT LIB untukmasalahprokes pada saatkompetisi,” pungkasnya.

Pakai Format 6 Seri di 6 Provinsi
MenporaZainudinAmalimenjelaskan, penyelenggaraan Liga 1 dan Liga musim 2021-2022 berbedadenganmusim di tahunsebelumnyakarenaberlangsung di masa pandemi.Kalau pada saat normal sistemdilakukan ‘home the way’ artinyasemuaberputar di tempat-tempatklubsepak bola berada.”Karena inipandemidiputuskandengansistem ‘bubble’ dan semuapertandingandipusatkan di pulauJawadenganbeberapakluster,” kata Menpora.PSSI berencanamenggelar Liga 1 2021-2022 mulaiawalJuli 2021, antaratanggal 3 sampai 7, hinggaMaret 2022. Sementara Liga 2 akanbergulir 14 harisetelahsepakmula Liga 1 dan diproyeksikanberakhir pada Desember 2021.]
Selainitu, Menpora juga mengungkapkanrencana format kompetisi. Sepertiinformasi yang berkembang, kompetisi Liga 1 akandigelardengan format 6 seri di PulauJawa.”Penyelenggaraan 2021 berbedadenganmusimsebelumnya pada saat normal yang bisapakaisistemhome dan away. Sekarangsituasipandemi COVID-19, makakompetisidigelar bubble dan semuapertandingandipusatkan di Jawadenganbeberapaklaster,” ujarnya.
Liga 1 2021 bakalmenerapkan format baru. Klub takakanbertindaksebagai tuan rumahsepertirencanasemula. Penggantinyaadalahsistemserisebanyakenam kali.Seri pertamaakandigelar di tigaprovinsiyakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Seri keduaakanlanjut di Jawa Tengah dan Yogyakarta.Seri ketiga di Jawa Timur. Seri keempatkembalike Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Seri kelimakembalikeJawa Tengah dan Yogyakarta, laluserikeenamkembalikeJawa Timur.
“Liga 1 tetapkompetisipenuhdengan 306 pertandingantapisistemnyadibedakan. Tadinya home and away masing-masing, sekarangmenjadisistimbubble to bubble dengankonsepsamasepertiPialaMenpora,” kata IwanBudianto, Wakil KetuaUmum PSSI saatmemberikanketerangan pers seusaiKongres PSSI, Sabtu (29/5/2021).

“Tapikarenajumlahpertandinganhampir 10 kali lipatdibandingPialaMenporakemarin, maka kami menggunakansistem series,” ujarnyamenambahkan. IwanBudiantomenambahkanbahwaakan ada jedaistirahatbagi para klubsetiap kali sebuahseriberakhir. Singkatnya, kompetisiakandihentikansejenaksebelumseriselanjutnyadimulai.Meski format kompetisiberubah, PSSI berharapwaktupenyelenggaraantetapsesuairencana. PSSI maukompetisiinitetapberakhir pada 22 Marettahundepan.
Sementaraitu, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mengintensifkanpersiapan Liga 1 dan Liga 2 setelahizinitukeluar. DirekturOperasional LIB Sudjarnomenyebutbahwa LIB akansegeramerampungkanjadwallengkapliga. “Jadwalitu juga untukmelengkapipermintaandariPolri,” ujar dia.LIB pun akanberkelilingkedaerah-daerah yang menjaditempatpenyelenggaraanligauntukmenjalinkesepahamandenganpolisisertapemerintahdaerahterkait. “Kami akanberkeliling. Namununtuk Liga 1, sepertinyaakandilakukanperklaster,” tuturSudjarno.
Untukwaktupelaksanaankompetisi, purnawirawanPolriberpangkatakhirInspekturJenderalitubelumbisamemberikankepastian. Liga 1 akandimulai pada salah satuhariantaratanggal 3-10 Juli 2021. Sepakmula Liga 2 direncanakan 14 harisetelahnya. “Tidakakanmelesetdarisana,” kata Sudjarno.Dalamkompetisinanti, kata Sudjarno, tidakakan ada tim yang bermain di stadionkandangnya (home base) masing-masing. Aturantersebutditerapkan demi memberikankeadilanbagisemuatimpeserta.”Liga 1 musimterbarutidakmenerapkanskema ‘home and away’ (kandang dan tandang). Jadi, tidak ada tim yang bermain di ‘home base’,” kata dia.
Liga 1 Indonesia 2021-2022 akandigelarterpusat di PulauJawa. Namundenganadanyakebijakantimtakdapatberlaga di stadionkandang, makaklubsepertiPersijatidakakanbermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, laluPersebayatidakbertanding di Surabaya dan seterusnya.”Di Liga 1, setiaptimakanbertemudua kali tetapitidak ada laga yang berlangsung di ‘home base’tim yang bertanding,” tuturSudjarno.Liga 1 Indonesia akanberlangsungdengan format ligapenuh, tetapidengankonsepbubble to bubble atau memakai sistemseri. Ada enamseri yang sudahdisepakatidalamKongresBiasa PSSI 2021 pada Sabtu (29 Mei 221), dan akandilaksanakan di tigaklasterdaerah di PulauJawa.
KlasterpertamameliputiJawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. Klasterkedua, yaituJawa Tengah dan DI Yogyakarta, laluklasterketigaJawa Timur.Nantinya, serisatuakanberlangsung di klasterpertama, seridua di klasterkedua dan seriketiga di klasterketiga. Kemudiandilanjutkandenganserikeempat yang akantetapdigelar di klasterketiga, laluserikelima di klasterkedua dan serikeenamatauterakhirkembalilagikeklasterpertama.LIB menyatakan ada 22 stadion yang dipersiapkanuntukmenggelarpertandingan.”Untukklastersatu ada delapanstadion, klasterdua ada enamstadion dan di klastertiga ada delapanstadion,” kata Sudjarno.LIB akanmembicarakanlebihjauhteknissoalstadion dan lainnyadenganklub-klub Liga 1. Pertemuanawaldijadwalkanberlangsung pada Kamis (3 Juni) secara virtual. “Di sana kami akanmenjabarkankembalisoalhasil kongres PSSI. Kemudianakanmembicarakansoaljadwal’manager meeting’,” kata Sudjarno.

SambutBaikPemberianIzin
PSSI menyambutbaikdenganterbitnyaizinkeramaianuntuk Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021-2022 dariKepolisianRepublik Indonesia (Polri).”Alhamdulillah, terimakasihkepada Bapak Presiden Joko Widodo, MenporaZainudinAmali, dan KapolriListyoSigit Prabowo. PSSI siapmenggelarkompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021-2022 denganprotokolkesehatan yang baik,” ujarKetuaUmum PSSI MochamadIriawan, Selasa (1/6/2021).Iriawanmenegaskanbahwa Liga 1 musimterbaruakandigelarterpusat di PulauJawadengansistemgelembung (bubble). Hal itudilakukan demi mencegahpenyebaran virus COVID-19.
UpayaMenporaZainudinAmalidalammenghidupkankembalisepakbola Indonesia mendapatapresiasidaripengguna internet (warganet). Terutamasetelahizinkompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 secararesmiditerbitkanKepolisianRepublik Indonesia (Polri) yang rencananyabergulirawalJulimendatang.
Di media sosial Twitter misalnya, sebagaibentuksambutanmerekaterhadapbergulirnyakembalikompetisi Liga 1 dan Liga 2, para warganetmenuliskanberagamkomentar di berandamedsos masing-masing. Bahkantagar #MenporaPejuangBola masukdalamderetan trending topik Twitter.Berdasarkanpantauan pada Kamis, 3 Juni 2021, tagarinimendapatribuancuitandaripengguna Twitter. Salah satu yang menuliskantagariniadalahakunMawaranjani @mawarani. DiamemujiupayaMenporaAmalidalammemenuhikeinginanpecinta bola Indonesia agar kompetisi Liga 1 dan Liga kembaliberjalan.“Salut sama Pak MenporaAmali yang gigihdalamperjuangkankeinginanpecintasepakbola. #MenporaPejuangBola,” tulis @mawaranj.
Hal senada juga disampaikanakunNandang San, @SanNandang yang memberikanapresiasikarenaMenporaAmaliterusmemperjuangkanizinberbagai event olahraga di tengahpandemi. “Asli emang Pak Zainuddin AmalituhMenporaterbaik. Seluruhcaborolahragadiperjuangkan, termasuksepakbolaya. Sampaiakhirnyaudahdiberiijinpenyelenggaraanliga 1 dan liga 2. #MenporaPejuangBola,” pujinya.
Sementaraitu, beberapapengguna internet lainnyamengungkapkankebahagiaanmerekasetelahizin Liga 1 dan Liga 2 dikeluarkanpolisi. “Dan gimananggakseneng dong secaraizinbuat Liga 1 dan 2 udahturunberartikanbentarlagiakandimulaikompetisinya #MenporaPejuangBola,” tulisakun @ajab046.
Akun ayaycaptain00 mengatakankompetisi Liga1 dan Liga 2 harustetapbergulir, namuntetapmenerapkanprotokolkesehatankarenadalamsituasipandemi Covid-19. “Yang pentingmahtetappatuhprotokolkesehatan, majuteruspersepakbolaan Indonesia. Apalagisekarang Liga 1 dan 2 sudahdiizinkan oleh Polri #MenporaPejuangBola,” katanya.
Hal serupadisampaikanakun @Tasa_02 yang mengingatkan agar penontontidakdatangkestadion dan cukupnontondarirumahsajasaatpertandinganberlangsung. “Himbauanpenontonnggakharus di stadionkok, kitabisanonton di rumahpecintasepakbolahanyarindudengankompetisisepakbolasemogalancarsampaiselesai Liga 1 dan 2 #MenporaPejuangBola,” jelansya.

ProtokolKesehatan Ketat
Pada turnamenpramusimPialaMenpora yang berakhir25 April lalu, berlangsungtanpapenonton. Selainitu, PT LIB juga membatasijumlah orang yang berada di stadion, yakni 299 orang dan terbagikedalamempat zona. Zona pertamaadalah zona yang paling dekatdenganlapangan dan diisi oleh 107 orang, termasukanakgawang, pemain, dan kruteve.Zona dua yang berada di ruanggantipemainhanyadiisi oleh dua orang, yakni security. Untuk zona ketigahanyadiisi oleh 113 orang dan berada di area tribun dan media. Untuk zona keempatdiisi oleh 77 orang yang berada di lingkarluarstadion. Seluruhpihak yang berada di dalam area stadionharusmenunjukkansuratbebas COVID-19, termasuk media.
Panitiapertandingan juga melakukan rapid tes Antigen/Genose H-1 pada saat Official Trainingdanpukul 09.00 WIB pada haripertandingan. Hasil tesakanmenjadisyaratmasukkedalamstadion.Semuapihak yang masukkedalamstadion juga harusmemilikisuhutubuh di bawah 37,5’. Jika ditemukanpihak yang memilikisuhutubuh di atasbatas, makatidakdiizinkanmasukkedalamstadion.Tetapi, ada pengecualianbagibeberapapihak (pemain, ofisial, PerangkatPertandingan, panitiapenyelenggara [Zona 1,2,3], pejabat PSSI/LIB), makaakan ada pengujiankedua. Namun, merekaharuslebihduluberada di ruangIsolasiselama 10 menit.BerdasarkanPasal 29 ayat 7 regulasiPialaMenpora, “jikapengukuransuhukeduamasihlebihdari 37,50C, Satgas COVID-19 akanmenentukantindakan dan langkahberikutnya, termasukdilakukan PCR Swab Test dan penangananmedisnya.”
Pada Pasal 30, diatur pula mengenairegulasiketersediaanpemain. Jika nantinya pada Rapid Tes Antigen/Genose pada haripertandingan dan pemain di suatuklubtersisakurangdari 13 (termasukpenjagagawang), makapanitiaakanmenggelarrapatdarurat. Nah, apakahperaturan-peraturanprotokolkesehatan yang ketatituakanditerapkan pada penyelenggaraankompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang segeraberlangsungbulandepan?

Pesan PSSI UntukSuporterKesebelasan
SebelumizindiberikanPolriuntukturnamenpramusim dan penyelenggaraankompetisi, PSSIsecarategasmemintakepadapihaksuporteruntukdisiplinprotokolkesehatanjelangbergulirnya Liga 1 dan 2 tahun 2021. Hal tersebutdisampaikanKetuaUmum PSSI, MochamadIriawan, ketikamelakukanpertemuansecara virtual pihakklub Liga 1 dan Liga 2 sertapimpinanseluruhsuporter Indonesia. Selain PSSI, Direktur PT Liga Indonesia Baru, AkhmadHadianLukita, dan MenporaZainudinAmali juga turuthadir. Adapun poin-poin yang disampaikandalampertemuantersebutadalahterkaitpersiapanturnamenpramusimsertakompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 di tengahpandemi Covid-19. Sepertidiketahui, pandemi COVID-19 saatinibelumusai. Oleh karenaitu, Liga 1 dan Liga 2 musimlaludibatalkan, laludigantikandengankompetisimusim 2021.
Terkaitkelanjutankompetisi 2021 saatinimasihtengahdiupayakanmaksimal oleh PSSI dan PT LIB. Pasalnya, untukmewujudkankompetisi, perluadanyaizindariPolriselakupihak yang bertanggungjawabatasizinkeramaian. Di sisilain, PSSI telahmenetapkanrencanaperihaljadwalbergulirnya Liga 1 dan Liga 2. Terkaitpelaksanaan, kompetisidirencanakanakandiihelatselepasIdulFitrisebagaimanakesepakatanklubdengan PSSI dan PT LIB. Sebelumkompetisibergulir, akan ada turnamenpramusim pada 20 Maret-25 April atauselama 37 hari. Turnamenpramusimditujukansebagaiupayapemanasantimsertamengujiprotokolkesehatan yang telahdicanangkan PSSI, berkiblat pada regulasi FIFA dan AFC. Nantinya, suporterakandilarangmenontonlangsungstadionataubergerakke area venue sertadilarangmelakukannontonbareng (nobar).
PSSI pun memintakepadasuporteruntuktertibakanprotokolinikarenajikatidak, soalperizinanakankembalidievaluasiPolriandaisudahkeluar. “PSSI sejauhinisudahempat kali mengajukanizinuntukbergulirnyakompetisi dan sekarangsedangdalam proses,” kata KetuaUmum PSSI MochamadIriawan.”Mudah-mudahandalammingguiniatauminggudepanizinsudahkeluardariPolri,” ucapnya. “Tentuharus ada catatan-catatan yang harusdisepakatibersama. Apabilahaltersebut di atasdilanggar, dimungkinkanizin yang dikeluarkanbisadievaluasikembali. Bahkan, kepadapanpelbisadiberikansanksi,” tuturnya. Perihaldisiplinprotokolkesehatan, MenporaZainudinAmali, juga mengungkapkanharapan yang sama. Iamemintasemuapihaksalingbekerjasama agar untukpramusim yang terdekat agar kompetisisebenarnyabenar-benarbisadilangsungkan.
“Di dalampemaparan PSSI dan PT LIB ada turnamenpramusim, pihakPolrisetuju. Inipenting, iniujianuntukkita, Menpora, PSSI, dan PT LIB dan seluruhsuporter, bisatidakmenerapkanapa yang sudahdisepakati. Kalauitubisa, Insha Allah kompetisibisadihelathabisIdulFitri. Jadi sekalilagitergantungkepadakita,” katanya pada waktuitu. (EKS/berbagaisumber)

Artikel sebelumyaMenyambut HUT Bhyangkara Polri ke-75, Polres Muara Enim Gelar Bhakti Sosial Bersihkan Rumah Ibadah
Artikel berikutnyaDoor to Door Bhabinkamtibamas Sambangi Masyarakat Langsung Tanggulangi Pandemi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here