Siapa yang tidakkenaldengansosokKomjen Pol. ListyoSigit Prabowo yang resmidilantiksebagaiKapolri, Rabu (27/1/2021) lalu? Beliaudiharapkanmampumemperbaikicitrakepolisiandalamkasus HAM dan memberantaskorupsi. TernyataListyoSigit Prabowo memilikikisahperjalananhidup yang cukupmenarik. Mari kitasimakfaktaterkaitbeliau.Kisahmenarik dan inspiratifmengenaiperjuangananakmuda yang inginselalumenjadimanusiabergunaakhirnyabisamenjadianggotaPolrimelaluijalurAkademiKepolisianditahun 1991 dan bukan juga mimpiternyatabeliauditunjukPresiden Joko Widodo menjadiKapolrikedepanmengantikanIdham Aziz yangpensiun pada tanggal 1 Febuari 2021lalu.BagaimanakisahKapolriJenderalPolisiListyoSigit Prabowo dalammenapakikarirnya yang gemilang? Bagaimanabeliaumenghargaiprestasipendahulunya? BagaimanapentingnyacitrapimpinanPolrimenaikkancitrapolisi? Citra pimpinanPolrisepertiapa yang didambakanmasyarakat? Apakah Polripernahmemilikisosokcitrateladantersebut?

Jakarta, 7 Juni 2021 -ListyoSigit Prabowo, seorangJenderalPolri yang saatinisebagaiKapolrilahir di Ambon, Maluku pada 5 Mei 1969 inimenjalanipendidikandarisejaksekolahdasarhinggamendaftarmasukkeAkademiKepolisian.Setelah menyelesaikanpendidikan di AkademiKepolisian pada tahun 1991, KomjenListyoSigit Prabowo melanjutkanpendidikan master di Universitas Indonesia dengantesistentangpenanganankonfliketnis di Kalijodo.Listyopernahbeberapa kali mendudukijabatan di daerahJawa Tengah. Tercatat, ListyopernahmenjadiKapolresPati. Setelah itu, diamendudukiposisiWakapoltabes Semarang, dan pernahmenjadiKapolres Solo.
Pada tahun 2012, Listyodipindahtugaskanke Jakarta untukmenjabatsebagaiKasubdit II DitTipdumBareskrimPolri. Sejakbulan Mei 2013, dirinyabertugas di DirekturReserseKriminalUmumPolda Sulawesi Tenggara.MenjabatsebagaiKapolda Banten pada tahun 2016. Dan kabarnyasepanjangmenjabatsebagaiKapolda, beliaurajinsekaliblusukan dan bersilaturahmidengan para tokoh agama dan tokohmasyarakat.Dan ternyatabeliauinimemilikikegiatan yang cukupmulia, yaknimemeliharaanakyatimataupunanak yang sengajaditelantarkan oleh orang tuanya. Serta beliau jugasenangsekalimemberangkatkan ulama baikuntukberangkat naik Haji maupununtukUmroh. Keren sekalibukan?
SelanjutnyamenjabatsebagaiKadiv. PropamPolri pada tahun 2018 yang mengantarkanbeliaumemperolehduabintang di pundakyaitusebagaiInspekturJenderalPolisi.Jabataniniadalahjabatan yang ditakutibawahan dan juga diseganikawanbahkanatasan, karenaPropamPolriadalah Divisi yang bertanggungjawab pada masalahpembinaanprofesi dan pengamananmasalahdalam internal organisasiPolri. Dan beliaulahpimpinantertingginyasaatitu.Dan setahunkemudiansampaibeliaumenjabatsebagaiKabareskrimPolri yang mengantarkanbeliaumenyandangtigabintang di pundak, yaitusebagaiKomisarisJenderalPolisi. Dari sinilahsinarbenderangbeliauterlihatmelaluiberbagaipengungkapankasus dibawahpimpinannya.

Prestasidan RekamJejaknya
BerdasarkanketeranganPolri,Listyo sudah menanganikuranglebih485 perkarakorupsi dan berhasilmenyelamatkan uang negara lebihdari Rp310 triliun.Dia juga disebutikutmenangkapburonankasuskorupsipengalihanhaktagih (cassie) Bank Bali Djoko Tjandra di Malaysia, 2020.Sedangkanberdasarkan data LaporanHartaKekayaanPenyelenggara Negara (LHKPN) yang terakhir kali dilaporkankepadaKomisiPemberantasanKorupsi (KPK) pada Desember 2019, Listyomemiliki total hartakekayaan Rp8,3 miliar.Ituterdiridaritanah dan bangunansenilai Rp 6.150.000.000 yang tersebar di beberapadaerah. Dalamlaporannya, Listyohanyamemilikialattransportasiberupamobil Toyota Fortuner produksi 2018 sehargaRp 320.000.000.Selainitu, Listyotercatatmemilikihartabergeraklainnyasebesar Rp 975.000.000 serta kas dan setara kas senilai Rp 869.735.000.Hinggahariini, belumterdapat data terbaruhartakekayaanKapolriini. Padahal, setiappejabatpenyelenggara negara diwajibkanmelaporkan LHKPN kepada KPK secaraperiodik per tanggal 31 Desembertahunlaporan.Hal inimengacu pada PeraturanKomisiPemberantasanKorupsiNomor 2 tahun 2020 tentangPerubahanatasPeraturanKomisipemberantasanKorupsiNomor 07 tahun 2016 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pengumuman, dan PemeriksaanHartaKekayaanPenyelenggara Negara.
Nah,itulahtadirekamjejakprestasibeliausemasabertugas. Bagaimanakahdengankeseharianbeliau di dalamkeluarga dan lingkungansosial? Cobakitaintipsedikitdaricerita dan informasi yang bisadiperolehdari orang sekitarbeliau. “Pak Listyoinisosok yang sangatmenghormati guru. Selainbertemudengan guru-guru, saat acara itupakListyo juga berbagipengalamansertamemotivasisiswa-siswi SMAN 8 untuktidakragumelangkah dan mempersiapkandiriselepas SMA,” terangNunikdari SMAN 8 Yogyakarta.
SMAN 8 Yogyakarta adalahsekolahdimanabeliaumenimbailmusebelummasukke AKABRI Kepolisian pada tahun 1988.MenurutNunik, saatmenghadiri acara reuni, ListyoSigitselalumemohondoarestukepadamantangurunya agar dalammenjalankantugasdiberikankelancaran.Delapan guru yang dulumengajarKomjenListyoSigithadir di acara tersebutmerasa banga akanprestasi yang diukiranakdidiknya.
Di mataNunik, SosokKomjenListyomemangbukan orang asing. MantanKapolres Surakarta itubahkanmenurutNunikadalah salah satu alumni yang sangatpedulidengan para mantangurunya.Bahkan, meskisudahberstatusperwiratinggiPolri. MantanKapolda Banten ituselalumenyempatkanhadirdalamkegiatanreuni yang berlangsung di sekolahnya.“Saatreuniakbar di 2019 di Lustrum 9 SMA 8, beliau juga hadir, juga AksiSosialPakci di awal 2020 beliau juga hadir,” UjarNunik.Jaringan-jaringan yang pernahdibangunnya dan semangatkekeluargaanJenderalbintangtigainiteruslahdipelihara dan diperluasnya.SehinggabukansajaketikamenjadiKapolda Banten, KomisarisJenderalListyoSigit Prabowo selalupeduli dan membantusepertiPondokPesantren (Ponpes) yang dulupernahdikenalnya.
SuamidariJuliatiSaptaDewi Magdalena terkadangbertindakatasnamapribadinyabukankarenajabatannya. Hal inidiungkapkan KH Suryanabahkankagumdengansosokmantan orang nomorsatu di Polda Banten tersebut. Listyo kata KH Suryanaadalahpria yang dikenalramahinitidakpernahmelupakanmasyarakatdimanapundiabertugas. Meskipun, saatinitidaklagimemimpinPolda Banten.Listyobukanhanyamembantubangunan Masjid dan PondokPesantren, marbot masjid dan mushola yang diberangkat umrah gratis. Marbotadalah orang yang bertanggungjawabmenguruskeperluanlanggar/surau atau masjid, terutama yang berhubungandengankebersihanlingkungantempat ibadah tersebut. Adakalanya, seorangmarbot juga mengurusihal-hal yang berurusandengan ibadah, seperti azan, menjadi imam cadangan.Selainbangunan Masjid dan Marbot yang diberangkatkan gratis Umrah. TernyataSigit dan istrinya juga membantuanak-anakterlantar. Ada yang ditampung di tempatpenampungan. Dan, ada pula yang dibantubiayasekolahnya, tetapianaktersebuttinggalbersama orang tuanya.
Hal senadadiungkapkanpimpinanPonpesBahrulUlum, Banten, KH. Saharni. IaturutmendoakanListyoSigit Prabowo. “Semogabeliausekeluargaselaludiberikankesehatan dan ketegasandalammenjalankantugas-tugasnya demi menegakkanamarma’rufnahimungkar,” ucap KH. Saharni.Iamenegaskanbahwa alim uIama di Banten selalusiapmembantu dan mendoakan ayah dari Cornelius Krishna Satya Patria Wardhanaini. Menurutnya, beliauituamanahdalampekerjaanya, kami siapmembantu. Terutamadalammemberantaskemaksiatan. Lebihdariitu kata KH Saharnimenambahkanbahwatindakan yang dilakukanListyosangatmulia dan terharu.

Iamengatakanbahwa para santrimaupun alim ulama di Banten selalusiapmembantu dan mendoakanajudanPresiden 2014 ini.“Selamabeliauamanahdalampekerjaannya, kami siapmembantu. Terutamadalammemberantaskemaksiatan,” tuturnya.Semua yang Sigitlakukantidakatasnamajabatanatauposisinya. Melainkanatasnamapribadinyasemata. Bahkan, bantuan yang dialakukanluputdari Media.TernyatatidakhanyacemerlangsebagaiseorangJenderal, Ataupunseorang yang memiliki Jiwa Sosial yang tinggisebagaisebagaiseorangkepalakeluarga pun beliaumemilikikeluarga yang harmonis dan berprestasi.
Keberhasilanseoranganaktentulahtidakpernahlepasdaridoa orang tua yang selalumenyertaisetiaplangkahperjalanananaktercintanya. Itulahdoa yang selaludisematkanalmh. ibundaListyoSigit Prabowo, kenang sang Jenderal. Setiapsaatiringandoaorangtuaadalahtuntunansehinggakeberhasilandalamtugaspengabdiansebagaiaparatpenegakhukum dan juga sebagaikepalakeluargaselalumengiringilangkahsuksesnya.

PujiPrestasiKapolriSebelumnya
KapolriJenderalListyoSigit Prabowo melontarkansejumlahpujiankepadaJenderalIdhamAzis yang telahmemimpin Korps Bhayangkara yang kiniiagantikan.ListyomenyebutbahwakepemimpinanIdhamAzisselamadiamenjadianakbuahnyaberjalandengansangatbaik. DiabahkanmengibaratkanIdhamsebagaielangpemimpin. Menurutnya, sosokjenderalbintangempat yang pensiunFebruarinantiadalahsosok yang bertanggungjawab.
Listyo pun menegaskanbahwakeberhasilannyaselamamemimpin Badan ReserseKriminal (Bareskrim) Polri juga merupakancampurtangandarisosokIdhamazis.Diamenuturkan, selamainibanyakmenerimabanyakmasukandariIdhamselamamemimpinpucukpimpinan Korps Bhayangkarasehinggadirinyabisabanyakmengungkapbanyakkasus-kasus yang menarikperhatianpublik.”Tentuberkatdukungan dan arahanbeliau. Beliauadalahsosok senior yang sayakagumi dan senantiasamenjaditeladan dan role model dalamkedinasanmaupunkehiupansehari-hari,” tambahnyalagi.
Listyo juga menyinggungtentangtradisibaru di Korps Bhayangkarauntukmengantarcalonpimpinannyake DPR RI untukmenjalani uji kelayakan dan kepatutan. Hal itu, kata dia, diinisiasi oleh IdhamAzissehinggaharusdijaga dan diwarisiselalu.Menurutnya, langkahitudapatmenunjukkansoliditas di internal kepolisianterjalindenganbaik.”Terimakasih Bapak JenderalIdhamAzis yang memberikansemuaini,” ucapnya.

SosokPimpinanPolriSederhana
Perilakuteladan sosok KapolrisebelumnyaJenderalPolisiIdhamAziz yang selaluberpenampilansederhana. TampilansederhanasosokKapolriiniseringmenjadiperbincangan di sosial media. Pada bulanJanuari 2020, misalnya, fotoKapolri viral gara-garamengenakan sandal jepit dan makankue lapis saatmengunjungirumahorangtuanya. FotounikitulaludipostingPolres Jambi-Sumatera. Ditempatlainnya, fotoIdham juga viral saatmembelipakaianuntukdiberikankepadaanggotanya yang pakaianseragamdinasnyasudahkusamwarnanya.
Kapolri juga banyakmendapatkanperhatiansaatberada di Mamuju, Sulawesi Barat, ketikaiamembuatpernyataanuntukmengoreksianakbuahnya. Iamengkritik Kapolres dan keluarga yang memiliki gayahidupberlebihan dan memintasupayakapolrestersebutmembiasakandirihidupsederhana. Idhambercerita ada istriKapolresketikaberada di bandarasemuaanggotadibuatsibukmengurusnya.
Pemandanganini membuat orang lain yang ada di bandaramelihatsinisterhadap Polri dan keluarganya. Biladibandingkandenganibu negara Iriana Jokowi, jauhbedanya. Ibu Jokowi sajacumadiantarduaPaspamressaatpulangke Solo dan duduk di ruangtungguumumsepertiwargabiasa. Polriharusberubah, polriharusmencontoh Ibu Jokowi kalauinginsemakindicintaimasyarakat.” kata Kapolrimenasehatianakbuahnya.
Dalamberbagaikunjungankerjakapolrike wilayah, IdhamAzis juga seringkalimendapatsorotanpublikkarena menolakdisambutdenganupacaraberlebihanbaikitu di bandaramaupun diPolda. Kapolrimengingatkan cukupKapoldaatauWakapolda yang menjemputnya. Anggota yang lainnyamengerjakantugassepertibiasanya melayanimasyarakat dan tugastugaslainnya. Begitu juga kamar hotel tidakperludisiapkanoleh Polda karenabiayaperjalanandinasnyasudah ada disiapkan negara.

HoegengSosokPimpinanPolisiTeladan
Jauhsebelumnya, pada zaman ordebaru di decade 1970-an, terkenalpribadiprimpinanPolri yang jadi legenda yaituJenderalHoegeng. Iamerupakanfigurpolisi yang punya kerendahanhati, kelembutansertakasihsayangdalampenampilanpribadi yang takwa, arif, bijaksana dan penuhkesederhanaan. Yang sesungguhnyaadalahpotretdariseorangpolisi ideal yang “pada zamannya” justrumemperolehpredikatbagi Pak Hoegengsebagaipolisi “aneh yang menentangjaman”.Pak HoegengmerupakancontohPolisi yang mudahuntukdiingatnamunsulituntukdiikutijejaknya. Yang menjunjungtinggisebuahnilaiKejujuransebagaiharta yang tidakternilaiharganya. Dimana “Jabatan” merupakanamanah yang harusdipertanggungjawabkansecarapenuh.
Baginya, profesiadalahkehidupan yang dijalanidenganlurustanpaperluberpura-pura agar mendapattempat yang amandalamsuatususunanorganisasi. Namunbeliaumenunjukkankinerja yang memanglayak dan patutditempatkan pada posisi-posisijabatanstrategis dan mampumengayomibawahantanpamerendahkannamunmemberiilmu dan kesan yang tidakterlupa.
PribadiHoegeng yang fenomenalkarenaterkenalkesederhanaan dan kejujurannyainipernahdijadikansebagaiguyonan Gus Dur presidenkeempat Indonesia. “Polisi yang baikitucumatiga; Pak HoegengalmarhumbekasKapolri, PatungPolisi, dan PolisiTidur,” demikianucapan Gus Dur. Guyonaninibegitupopuler di masyarakatkita.
Guyonan lama yang juga pernahdipakai oleh eksKapolri Tito Karnaviandalamsejumlahkesempatanitu di unggah pula oleh seorangpriabernama Ismail Ahmad di Kepulauan Sula, Maluku Utara. Namun yang bersangkutanharusmenjalanipemeriksaangara-garamengunggahnya di sosial media.
Adanyapemeriksaan oleh polisiterhadap Ismail Ahmad sehubunganguyonan Gus Dur tersebutmenuruthematsayamerupakanperwujudan mental kepolisian yang masihbersifatmiliteristik dan sewenangwenang. Karena ituwajahmiliteristikiniharus di ubahmenjadipolisi yang berwajahsipilsehinggatidaksewenangwenangkepadamasyarakat yang seharusnya di ayominya.

Pelajaran Pahit Dari Citra Pimpinan KPK
Berbedadengansosok-sosokteladanpimpinandarikepolisian yang diceritakan di atas, kini ada ceritapahittentangKetua KPK (KomisiPemberantasanKorupsi) yang berasalunsurkepolisianyaituFirliBahuri. Iadilaporkan oleh ICW (Indonesian Corruption Watch) karenadidugamendapatkangratifikasidalampenyewaanhelikopter. Kepala Badan ReserseKriminal (Kabareskrim) PolriKomjen (Pol) AgusAndriantomemintainstitusiPolritakditarik-tarikterkaitdugaanpenerimaangratifikasi KPKFirliBahurisaatmenyewahelikopteruntukperjalananpribadi.
PernyataanAgustersebutmenanggapilaporan Indonesia Corruption Watch (ICW) soaldugaangratifikasi yang diterimaFirlidariperusahaanpenyewahelikopter, PT APU. “Jangantarik-tarikPolri. Saatini kami fokuskepadapenanganandampakkesehatan dan pemulihanekonominasional dan investasi,” kata Agussaatdihubungiwartawan, Jumat (4/6/2021).

MenurutAgus, masalahtersebutsudahdiselesaikanlewatsidangetik Dewan Pengawas KPK. Ia pun menyatakan, berkaslaporandari ICW akandiserahkankepada Dewan Pengawas.Pada September 2020, Dewas KPK menjatuhkansanksiringanberupategurantertulis II kepadaFirlisetelahterbuktimenggunakanhelikopteruntukperjalananpribadi pada Juni 2020.
Dewan Pengawasmenyatakan, Firlibersalahmelakukanpelanggarankodeetik dan pedomanperilaku KPK. “Nanti kami kembalikankeDewassaja. Kan sudahditangani,” ujarnya.Diberitakan, ICW mendugaFirliBahurimenerimagratifikasiberupapotonganhargadari PT APU saatmenyewahelikopter yang digunakanuntukperjalananpribadinya.
Atas dugaanitusertasejumlahtemuan yang berhasildihimpun, ICW pun melaporkanFirlikeBareskrimPolri, Kamis (3/6/2021). Peneliti ICW WanaAlamsyahmengatakan, tindakan yang dilakukanFirlimemenuhiunsur-unsurPasal 12B UU Nomor 20 Tahun 2001 tentangPemberantasanTindakPidanaKorupsi.
Wana pun berpendapat, Dewas KPK semestinyamenelusurilebihlanjutinformasi yang disampaikanFirlisaatsidangetik. Berdasarkaninformasi yang dihimpun ICW, tarifhelikopter yang disewaFirlimencapai Rp 39,1 juta per jam. “Kami mendapatkaninformasi lain daripenyediajasalainnyabahwahargasewa per jamnyayaitu 2.750 dollar AS atausekitar Rp 39,1 juta,” katanya.
Sementaraitu, lanjutWana, dalamsidangetik, Firlimengatakanhargasewahelikopterituhanya Rp 7.000.000 per jam tidaktermasukpajak. Denganpemakaianselamaempat jam, Firlihanyamembayarsekitar Rp 30,8 juta. “Kami total itu ada sebesar Rp 172,3 juta yang harusnyadibayar oleh Firliterkaitdenganpenyewaanhelikoptertersebut. Ketika kami selisihkanhargasewabarangnya, ada sekitar Rp 141 juta yang didugamerupakandugaanpenerimaangratifikasiataudiskon yang diterimaFirli,” ucapWana.
Meskimasihberupadugaan yang dilaporkankepolisi, takurungtuduhantaksedapterhadapKetua KPK FirliBahuriamatsangatmenurunkancitrapimpinan KPK yang tengahmenghadapiberbagaisorotantajamdariberbagaipihaktermasukmasyarakat. Mulaidarikasusmenurunnyapenangkapankoruptor, penyingkiran para petugas KPK yang berbedapandangandenganPimpinanmelalui TWK (teswawasankebangsaan) yang kontroversial, penyuapanpenyidik KPK dariunsurkepolisian oleh tersangkakoruptor, dan kasus negative lainnya. Masalahnya, FirliBahuriadlahpimpinan KPK dariunsurkepolisian yang berpangkattinggi. Sedikitbanyak juga mempengaruhicitrakepolisian pula.
ItulahberbagaiceritatentangcitrapimpinanPolridari tulisan di atastentunyajadipelajaranberharga yang dapatdipetik oleh kepolisiandalammenaikkancitranya. TentunyahanyakisahcitrapimpinanPolri yang sederhana dan teladansaja yang bsamenjadicontohuntukdijaga dan dilaksanakan oleh para penerusnya. SementaracitrapimpinanPolri yang burukjanganjadicontoh agar citrapolisimakinbaik di matamasyarakat Indonesia. Semoga!
(EKS/berbagaisumber)

Artikel sebelumyaGelar Musrenbang 2021, Kapolri Bahas Pemulihan Ekonomi
Artikel berikutnyaPolri Ketatkan PPKM Mikro,Bendung Penyebaran Klaster Baru COVID-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here