PemerintahbakalmelanjutkankebijakanpembatasanmobilitasmasyarakatsaatperiodearusbalikLebaran 2021. Pembatasanmobilitaswargalintas-daerahsebelumnyasudahdiberlakukan pada 6-17 Mei 2021, atausaatkebijakanlarangan mudik diterapkan. PresidenJokowisudahmeminta agar aturanPemberlakuanPembatasanKegiatan Masyarakat (PPKM) Mikrodiperketat pada periodepascalebaran 2021, baik di tempatasalmaupuntujuanarusbalikpemudik. Instruksi Jokowi tersebutdisampaikan oleh Menteri KoordinatorPerekonomianAirlanggaHartarto, setelahrapatterbataskabinet di Jakarta. Lalu apaupayaKorlantas (Korps Lalu Lintas)Polriuntukmengaturnya? Upayaapasaja yang dilakukan? Bagaimanapersiapannya?

Jakarta, 17 Mei 2021 – “Arahanpresidenadalahmemperkuat PPKM Mikrobaik di tempatpemudikberangkatmaupuntempattujuan di daerah. Di Jakarta, misalnya,” kata Airlanggadalamkonperensi pers, Senin, 17 Mei 2021, yang disiarkankanalYoutubeSekretariatPresiden.KetuaKomitePenanganan COVID-19 dan PemulihanEkonomi Nasional tersebutmengungkapkan, ada sekitar 1,5 jutapemudik yang keluar Jakarta pada saatlarangan mudik berlaku. Sekitar 440 ribu orang menuju Sumatera, dan selebihnyakeJawa. Besarnyajumlahpemudik yang diperkirakanakankembalike Jakarta saatarusbalikitumenjadialasanpengetatanaturanpembatasanmobilitaswarga. Salah satukebijakanituadalahmengecek status pemudik, yaknibebas COVID-19 atautidak. Saatmemberiketerangandalamacara talkshowSatgasPenanganan COVID-19, pada Sabtu (15/5/2021) lalu, Airlanggasudahmengatakan ada 2 jenismetodepemeriksaan pada periodearusbalik, yaknirandom (acak) dan mandatory (wajib).
“Tesacakditerapkanuntukperjalanandaribeberapaprovinsi di PulauJawamenuju Jakarta, sedangkancekwajibuntukperjalanandari Sumatera menujukeJawa dan Jakarta, yang diberlakukanmulai 15 Mei 2021,” kata Airlangga. Pemeriksaandalamcekwajib di Pelabuhan Bakauheni-Lampungdilakukandenganmemastikan para pemudikbebasdari COVID-19 berdasarkantes PCR, Swab Antigen, maupunGeNose. Sedangkanpemeriksaanserupasecara random diberlakukankepada para pemudik yang kembalike Jakarta dari wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Barat. Pengecekanitudilakukan di jalantolmaupunjalannasional. Di jalantol, ada sekitar 21 lokasititikpengecekan. Kata Airlangga, 21 titiktersebutterbagidalam 2 kelompok, dengansebaransebagaiberikut: Pertamaadalah Tol Trans-Jawa (Dari Timur menuju Jakarta) 13 lokasipegecekan, di Rest-Area Jalan Tol 4 lokasipengecekan, di PintuMasuk Tol Utama 1 lokasipengecekan, di eksGerbang Tol Cikarang Utama KM31.
KeduaadalahTol Jakarta-Merak (Dari Barat menuju Jakarta) 2 lokasi, di Rest-Area KM45 dan KM68 1 lokasi, di PintuMasuk Tol Cikupa. SejumlahtitikpengecekanuntuktesacakCovid-19 tersebar di jalannasional yang biasajadijalurarusbalikpemudikmenuju Jakarta.Untuksementara, hingga 15 Mei lalu, baruditetapkan 4 titikpengecekan, dan jumlahnyaakandisesuaikandengankondisi di lapangan. Lokasi 4 titikpengecekanuntuktesacak COVID-19 di jalannasionalituialahsebagaiberikut: JembatanTimbangBalonggandu, Karawang, Jabar Pos TegalGubug di Susukan, Cirebon, Jabar Lokasi di antaraIndramayu – Jatibarang Lokasi di antaraSukabumi – Cianjurarahke Jakarta.
MenurutAirlangga, para Gubernur di Pulau Sumatera dan Jawadimintamencegahpotensipenularan COVID-19 denganmenerapkanpemeriksaanketatterhadapdokumensurathasiltesnegatifsetiappemudik. Pemeriksaanitudilakukan di titikpengecekan dan pos penyekatan. Pemudik yang kedapatanpositif COVID-19 saatmelakukanperjalanan pada periodearusbalikakandiwajibkanmenjalaniisolasi yang disediakan oleh Satgas Daerah. Jika dekatdengandaerahkeberangkatan, pemudikdengan status positif COVID-19 bolehmenjalaniisolasi di wilayah asalnya. Namun, jikalebihdekatdengan Jakarta, pemudikituakandimintauntukmenjalaniisolasi di RumahSakitDarurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet.

PuncakArusBalikLebaran
KakorlantasPolri, IrjenIstionomenyatakan, puncakarusbalikkendaraan yang masuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) usailiburLebaranIdulfitri 1442 H/2021 M belumterjadi pada akhir pekan ini.Istionomengatakan, volume kendaraan yang melintaskearahJabodetabekbarumencapai21.000 unit pada akhir pekan ini. Padahalbiasanyajumlahkendaraanarusbaliklebihdariangkatersebut.“Untukbiasanyaarusbalik di atas 60 ribu (kendaraan). Kita lihatnantiperkembangannya,” kata Istiono, Minggu (16/5/2021).Istionosempatmemantaukesiapsiagaanpetugas di Pos Penyekat KM 34 Tol Cikampek-Jakarta yang didampingiKabag Ops KorlantasPolriKombes Pol Rudy Antariksawan, dan DirlantasPolda Metro Jaya KombesSambodo Purnomo Yogo.
Berdasarkanstatistik, Istionomengatakan, volume kendaraandariJawa Tengah yang masukJabodetabek pada musimarusbaliklebaran 2020 menurunsebesar 52 persen, dariJabarmenurun 56 persen, dan dari Sumatera menujuJabodetabekmenurun 73 persen.Dari hasil data tersebut, IstionomemperkirakanpuncakarusbalikIdulFitri 1442 berpotensiterjadi pada akhir pekan depan.Lebihlanjut, Istionomengatakan, penurunan volume kendaraan yang memasuki wilayah DKI Jakarta dipengaruhiAparatSipil Negara (ASN), TNI, Polri dan karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang patuhuntuktidak mudik.“Penurunanangkapemudikindikasikepatuhan ASN, TNI dan Polri yang tidakmelakukan mudik,” katanyalagi.
Sementaraitu, Kakorlantas juga menyampaikanbahwakendaraan yang diputarbalikkan agar tidakterjadikerumunanmassa pada sejumlahkonsentrasiwisatasebanyak 42.307 unit.“Sayaharapkanmasyarakatbenar-benarpahamkondisiitukarenapetugas di lapangansudahbekerjakeras, sudahmaksimaluntukmenekanpenyebaran COVID-19,” ucapIstiono.Sebelumnya, KorlantasPolrimemperketatpemeriksaansetiapkendaraan yang memasuki wilayah Jabodetabek pada arusbaliklebaran 2021 denganmendirikan 109 pos pemeriksaanuntukmenggelartes antigen secaraacak yang bertujuanmenekankasus COVID-19.

JadwalPenyekatanArusBalik
KorlantasPolritelahmengumumkanbahwaoperasipenyekatan di ratusantitik yang sudahberlangsungsaatlarangan mudik berlaku, yakni 6-17 Mei 2021, akandilanjutkan pada periodearusbalik. Kepala Bagian Ops KorlantasPolriKombes Rudy Antariksawanmenyatakan, meskiOperasi Ketupat 2021 akanberakhir pada tanggal 17 Mei, penyekatandiperpanjanghingga 24 Mei mendatang. Menurut Rudy, Operasi Ketupat akandilanjutkandenganKegiatanRutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Iamengatakan, selama KRYD berlangsung, kendaraankendaraanpemudik yang melintas di poskopenyekatanakandikenakansanksiputarbalik. Kata dia, 381 poskopenyekatan mudik Lebaran juga tetapdioperasikanhingga 24 Mei 2021.
“Oleh karenaitu, sekalilagi kami mohonmaaf, mohonmaklumdarimasyarakat,” ujar Rudy dalamsiaran di lamanresmiKorlantasPolri pada Minggu (16/5/2021). Informasimengenaipengoperasianratusantitik check point juga sudahdisampaikan oleh KepalaKorlantasPolriIrjen Pol Istiono pada akhir pekan kemarin. IstionomenyatakanPolribakalmelakukanpengetatanarusbaliklebaran 2021. Menurutdia, ada 109 titiklokasi check point ataupenyekatan yang dioperasikangunamemastikanpemudik yang akanmemasuki DKI Jakarta membawadokumenhasiltesnegatif Covid-19.
“Titikpemeriksaan yang kami bangunsecaranasional ada 25 di tolmaupunarteri. Kemudian, jajaransatgas wilayah membangun 85 titik,” kata Istiono pada Jumat (14/5/2021), sepertidilansirlaman Humas Polri. Jadi jumlahsemuanya 109 titikpemeriksaanataupenyekatanuntukcekacak. Polritelahmemprediksiarusbalikmulaiterjadi pada 15-16 Mei 2021. Maka, sejakperiodetersebuttitikpemeriksaandioperasikanuntuk random-test kepadapemudikdariJawa dan Bali. “Kemudianuntukarusbalikdari Sumatera menuju Jakarta. Sumatera menuju Jakarta iniharuslebihketatsebabindikatorpersediaantempattidur RS dari Sumatera inimeningkatmenurut data Satgas COVID-19yaitu di atas 56 persen. Oleh karenaitu Sumatera menjadiperhatian,” kata Istiono. “Nanti di Lampung, Bakauheniakandibentuktitikpemeriksaan, jaditidak ada yang lolossatu pun untukpemeriksaan Swab antigen. Jadi wajibuntukdilaksanakansebelumpergerakan orang/barangdari Sumatera atauJawaharusdilengkapisurat Swab antigen,” tegasnya.

Lokasi TitikPemeriksaan Surat Bebas COVID-19 di Jadetabek
Untukpemeriksaandokumenhasiltesnegatif COVID-19 bagi para pemudik yang akanmemasuki wilayah DKI Jakarta, Polda Metro Jaya telahmenyiapkansetidaknya 12 pos check point di wilayah Jadetabek (Jakarta Depok Tangerang Bekasi). “Jika memangtidakmembawasuratnya, akankitalakukantes swab antigen,” kata DirlantasPolda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo YogodalamsiaranresmiKorlantasPolri pada 16 Mei kemarin. “Kalaumemang ada yang reaktif, makadaripihakPemda, DinasPerhubungan, dan Satpol PP DKI akanmembawanyake Wisma Atletuntukisolasi dan menungguhasil PCR,” diamenambahkan. Sebanyak 12 titikpemeriksaantersebutakandidirikan di sepanjang terminal, jalantol, sertajalanarteri. Untukpemeriksaandokumen di jalantolberada di KM 34B Tol Cikampekmenuju Jakarta. Kemudian, untukpemeriksaan di terminal, 2 titik check point dioperasikan di terminal Pulogebang dan terminal Kalideres. Sembilan titiklainnyatersebar di jalanarteri Depok hingga Bekasi.
Daftar lokasi 12 titikpemeriksaansuratbebas COVID-19 di Jadetabekadalahsebagaiberikut: Terminal Pulogebang. Terminal Kalideres. Tol Jakarta – Cikampek KM34B menuju Jakarta. Tomyang (Bekasi Kota) Sasakjarang (Bekasi Kota) Kedungwaringin (Kabupaten Bekasi) Jalan Raya ParungCiputatBojongsari (Depok) Jalan Raya Bogor (Depok) Jatiuwung (Tangerang Kota) Kebon Nanas (Tangerang Kota) Batu Ceper (Tangerang Kota) Jalan Gatot Subroto – Bitung (Tangerang Selatan).

PerpanjangSanksiPutarBalik
Kepolisianakanmemperpanjangsanksiputarbalikkendaraanpemudikhingga 24 Mei 2021, walaupunaturanlarangan mudik lebaranselesai pada hariini 17 Mei 2021.Kepala Bagian Ops KorlantasPolriKombes Rudy Antariksawanmenyebuthalinidilakukanmeskioperasi ketupat 2021 berakhirhariini. Operasi Ketupat akandilanjutkandenganKegiatanRutin yang Ditingkatkan (KRYD).”Operasi Ketupat selesai 17 Mei 2021, dilanjutkan KRYD sampai 24 Mei 2021,” mengutip website KorlantasPolri, Senin (17/5/2021).Dalam KRYD polriakantetapmemberikansanksiputarbalikkendaraan yang akanmelakukanperjalanan mudik. Saatini ada 381 poskopenyekatan mudik juga akanberlakuselamaoperasi KRYD berlangsung.
Pemerintah juga sudahmenyiapkanantisipasimobilitasmasyarakatpascalebaran. Mengingatdari data polrimasih ada 1,5 juta orang masihmelakukanperjalanankeluarJabodetabek.AntisipasiarusbalikpascaLebaranini juga diterbitkanmelaluisuratKepalaSatgasPenanganancovid – 19 tentangAntisipasiPerjalanan Masyarakat pada ArusBalikIdulFitri 2021.”Di dalamsuratinipemerintahdaerah, khususnyaprovinsi di Pulau Sumatera wajibteliti dan cermatmemeriksadokumenpelakuperjalanandalam masa arusbalik,” ujarJuruBicaraSatgasPenanganan COVID-19 WikuAdisasmito.
Menurutnya, sesuaisuratedaranNomor13 Tahun 2021, suratbebas COVID-19 dokumentersebutmeliputihasiltes PCR, swab antigen atauGeNose. Dengan masa berlakuselama 3 x 24 jam dalam masa peniadaan mudik 6 – 17 Mei 2021.Sedangkandalam masa pengetatanpascalebaranyakni pada 18 – 24 Mei 2021, suratbebas COVID-19 berlaku 1 x 24 untukseluruhmetode testing. Serta pelakuperjalanandiwajibkanmembawasuratizinperjalanansesuai yang disyaratkan.”Maka, siapapunpelakuperjalanan yang tidaksehat dan tidakmampumenunjukkandokumenperjalanan dan suratijinperjalanan, siapapunituwajibtanpaterkecualiharusputarbalik dan tidakbolehmelanjutkanperjalanan,” tuturnya.Untukmemastikanskrining yang maksimal, makaditerapkan random testing test antigen di titik – titik yang ditentukan.”Ingat, kebijakantambahaninibentukpencegahan. Pemerintahmemastikanpelakuperjalanandalamkeadaansehat,” tukasnya.

AntisipasiPencegahanNaiknya COVID-19
PemerintahtelahmenyiapkanlangkahantisipasiarusbalikIdulfitri 1442 Hijriah yang diprediksiterjadi pada H+3 dan H+7 Lebaranatau pada 16 dan 20 Mei 2021. Sejumlahlangkahtersebutmeliputipeningkatantesacakkepadapenggunakendaraanpribadi dan kendaraanangkutanbaik di jalantol, jalanarterihinggakejalan-jalanterkecil di permukimanpenduduk. Antisipasiinidilakukankarenaadanyapeningkataneskalasikasuspositif di hampirseluruhprovinsi di Pulau Sumatera. Sebab data Satgasmenunjukkan pada Mei 2021, kontribusiPulau Sumatera dalamkasuspositifnasional Covid-19 naik hingga 27,22 persen. Setalitiga uang kasuskematian di sana juga merokethinggamenjadi 17,18 persen. Sebaliknya, kontribusiPulauJawaterhadap total kasuspositif dan kematianakibat Corona mengalamipenurunanyakni 16,07 persen dan 11,06 persen. Sebagaitindaklanjut, KetuasSatgasPenanganan Covid-19 telahmengeluarkansurat No. 46/05 Tahun 2021 tentangAntisipasiPerjalanan Masyarakat Pada ArusBalikIdulFitri 2021. Karena itu, pemerintahdaerahkhususnyaprovinsi di Pulau Sumatera wajibteliti dan cermatmemeriksadokumenpelakuperjalanandalam masa arusbalik.
Adapun, sesuaisuratedaran No. 13/2021, dokumentersebutmeliputisuratbebas Covid-19 yaknihasiltes PCR, swab antigen atauGeNosedengan masa berlakuselama 3 x 24 jam dalam masa peniadaan mudik 6 – 17 Mei 2021. Sementara, dalam masa pengetatanpascalebaranyakni pada 18 – 24 Mei 2021, suratbebas Covid-19 berlaku 1 x 24 untukseluruhmetode testing.Lalu, para pelakuperjalanan juga diwajibkanmembawasuratizinperjalanansesuaidenganketentuandalamadendumbeleidtersebut. “Maka, siapapunpelakuperjalanan yang tidaksehat dan tidakmampumenunjukkandokumenperjalanan dan suratizinperjalanan, siapapunituwajibtanpaterkecualiharusputarbalik dan tidakbolehmelanjutkanperjalanan,” kata Wiku. Kemudian, untukmemastikanskrining yang maksimal, makaditerapkantes Antigen secaraacak di sejumlahtitikjalur mudik. SatgasdaerahProvinsi Lampung ditunjukmembentuksatgaskhusus yang diketuaiKapolda dan Danremsetempat. Satgaskhususiniakanmemeriksaseluruhdokumen dan berhakmelarangpelakuperjalananuntukmenyeberangkePulauJawajikatidakmemenuhisyarat.
Kebijakantambahaninibentukpencegahan. Pemerintahdaerahmemilikiandilbesarmenyaringpelakuperjalanan agar proses skriningnyaefektif. Dan juga memastikansetiappelakuperjalanandalamkeadaansehat.Upayaantisipasiarusbalikakandilakukandengantesterhadappengendarakendaraanpribadi yang masukke Jakarta dariarah Lampung. Pemeriksaandilakukan di Pelabuhan Bakauheni dan diusulkandilakukan juga di beberapa area peristirahatansebelummasukpelabuhan. Hal inisejalandengan Surat EdaranSatgas COVID-19 dan Peraturan Menteri Perhubungan No. 13, semuamasyarakat yang akankembalike Jakarta akandilakukanpengetesanmenggunakan rapid test antigen. Kalauselamaini, menggunakanGeNose dan rapid test berbayar.
Lalu, untukarusbalik yang datangdariarahJawa Tengah dan Jawa Barat akanmasukke Jakarta, terdapatbeberapatitik testing yaitu di sekitarKarawangtepatnya di JembatanTimbangBalonggandu, Pos TegalBubukSusulandariarahPalimanankeJatibarangserta yang datangdariIndramayukearahJatibarang. Untukkendaraanpribadi di jalantol juga dilakukanpengujian pada 21 titik yang terbagi di 13 rest area dan di 5 gerbangutamatol di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Upayaserupa juga dilakukan di duatitik area peristirahatanbagipelakuperjalanan yang datangdariarahMerak. Denganpersiapanantisipasipengaturanarusbaliklebaran yang terencana dan ketat, semogadapatmencegahterjadinyakenaikanangkapengidap COVID-19 terutama di Pulau Sumatera dan PulauJawa. Jangansampaitrenkenaikanpenderita COVID-19 yang melanda negara-negara lain seperti India bahkan Malaysia akanterjadi pula di Indonesia. Karena itukitasemuatetapwaspada dan menjalankanprokesdenganbaik dan benar. (EKS/berbagaisumber)

Artikel sebelumyaBerita Hoaks Mendera, TNI-Polri Tetap SiapTumpas Teroris Papua
Artikel berikutnyaWarga Tuntut Penindakan Pelaku Begal, Berujung Pembakaran Mapolsek Candipuro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here