JAKARTA – Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim Polri) membentuk tim untuk mengusut bocornya 279 juta data penduduk Indonesia.

Informasi terkait pembentukan tim untuk mengusut kasus itu disampaikan oleh Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Slamet Uliandi.

“Telah dibentuk tim terkait kebocoran data, dibantu juga ada dari PMJ (Polda Metro Jaya) dan Laboratorium Forensik,” kata Slamet melalui pesan teks, Sabtu, (22/5/2021).

Data 279 juta penduduk Indonesia diduga bocor dan diperjualbelikan di situs raidsforum.com. Data tersebut mencakup nomor induk kependudukan, kartu tanda penduduk (KTP), nomor telepon, email, nama, alamat, hingga gaji.

Data dijual oleh pengguna forum dengan nama id ‘Kotz’. Oknum tersebut mengatakan bahwa data yang diperjualbelikan termasuk data penduduk yang sudah meninggal.

“Ada satu juta contoh data gratis untuk diuji. Totalnya 279 juta, Sebanyak 20 juta memiliki foto personal,” ujarnya dalam utas yang dibuat pada 12 Mei 2021.

Sebagai langkah awal, Polri, kata Slamet, telah melayangkan panggilan pemeriksaan kepada Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti.

“Saya panggil klarifikasi pada Senin, 24 Mei 2021,” ujarnya.

Dengan adanya pemanggilan terhadap Dirut BPJS Kesehatan, maka kasus kebocoran data ini pun sudah masuk ke tahap penyelidikan.

Sumber : Harianjogja.com

Artikel sebelumyaKapolsek Kawasan Muara Baru Melakukan Giat Rapid Swab Antigen Gratis
Artikel berikutnyaPatroli Biru Polres Sinjai, Antisipasi Gangguan Kamtibmas dan Imbau Patuhi Prokes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here