Bagi kalangan pesantren sendiri, pemerintah memberikan bantuan operasional pendidikan pesantren. Selain itu, bantuan pembelajaran daring, insentif guru pondok pesantren, dan masih terdapat beberapa program lain.

“Sementara itu untuk tahun 2021 ini, pemerintah menambah dukungan infrastruktur, pendampingan, pelatihan, dan pengembangan model bisnis untuk mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren sebagaimana amanat UU Pesantren,” jelas Jokowi.

Kendati begitu, dia mengaku bersyukur bangsa Indonesia dapat tetap tangguh dan bergotong royong, saling membantu tanpa melihat perbedaan di tengah situasi krisis akibat pandemi. Jokowi pun berterima kasih kepada keluarga besar NU yang berperan penting untuk memastikan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Dia mengatakan keluarga besar NU turut membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 di tingkat akar rumput. Jokowi menuturkan kebersamaan dan kolaborasi serupa ini memang dibutuhkan di masa pandemi.

“Saya mengucapkan selamat hari lahir ke-98 Hijriah Nahdlatul Ulama yang jatuh pada tanggal 16 Rajab. Puncak harlah ini akan menjadi wasilah untuk mengukuhkan tali persaudaraan, _ukhuwah islamiyah_, dan _ukhuwah wathaniyah_ yang merupakan modal utama ketangguhan bangsa Indonesia,” tutur Jokowi.

Artikel sebelumyaUsai Jokowi Cabut Lampiran Perpres Investasi Miras, Aturannya Jadi Bagaimana?
Artikel berikutnyaPilu, Ini Pesan Suara Terakhir Syekh Ali Jaber Sebelum Masuk ICU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here