WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Cegah penyebaran virus corona atau covid-19 pasca mudik lebaran, Polres Pelabuhan Tanjung Priok blusukan mendata warga yang datang dari luar Ibu Kota.

Sembari mengendarai sepeda motor, jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok meminta warga Muara Angke, untuk melakukan swab test sekaligus isolasi mandiri.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana.

Dirinya mengungkapkan, langkah isolasi mandiri tersebut bertujuan untuk memutus dan mencegah mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Dalam pendataan Polres Pelabuhan Tanjung Priok, jumlah warga Kawasan Muara Angke yang mudik mencapai 300 orang. Kesemuanya akan kami minta untuk isolasi mandiri dan akan diterapkan 3T (testing, tracing, threatment) dalam satu minggu ini,” kata Putu Kholis dalam siaran persnya, Jakarta, Senin (17/6/2021).

Jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok sendiri akan melakukan penguatan 3T sejak 16 Mei 2021 hingga 23 Mei 2021.

Dalam mengantisipasi penyebaran virus corona dari warga yang terlanjur mudik, polisi bakal memanfaatkan program PPKM Mikro dan Kampung Tangguh Jaya.

“PPKM Mikro dan Kampung Tangguh Jaya Muara Angke kami manfaatkan sebagai basis deteksi dan juga untuk mempercepat langkah penanganan sedini mungkin agar suspek Covid-19 dapat segera ditangani,” ujar Putu Kholis.

Putu Kholis menyebut, dalam menangani pemudik terkait virus corona, pihaknya membuka pelayanan Swab Antigen gratis di Posko dan Mobile.

Hal itu akan dilakukan secara pro aktif atau dari pintu ke pintu.

Dari pelaksanaan pengecekan pada Minggu 16 Mei 2021, tiga orang yang disambangi secara langsung dinyatakan negatif Covid-19.

Dan junlah pemudik yang di Swab di posko sebanyak 12 orang dan satu orang dinyatakan reaktif virus corona.

“Terhadap pemudik hasil reaktif telah dievakuasi untuk tes PCR di faskes terdekat, serta dilakukan tracing pada kontak erat,” ucap Putu Kholis.

Artikel sebelumya100 Hari Kinerja Kapolri, 29.272 Pengendara Kena Tilang Elektronik
Artikel berikutnyaMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Ruang Rapat Kapolri, Ini yang Dibahas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here